,

Ketungging, Si Kalajengking Penyembur

oleh -396 views
Ketungging yang tengah diam di lapuk kayu

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mirip dengan Kalajengking namun tidak punya racun dan tidak berbahaya? Yup, sebutan dari hewan yang bernama Ketungging yang satu ini memang tidak punya racun namun, sobat zetizen harus tahu dan mengenal hewan yang berguna satu ini. (tezz)

Ketunggging dalam film The Nest (2021)

Kalian pakah pernah menonton film horror yang berjudul The Nest (2021)? Di mana sebuah keluarga di kendalikan oleh sebuah serangga yang berada di dalam boneka Teddy bear? Yup serangga tersebut ialah Ketungging itu sendiri namun, serangga yang satu ini tidak seberbahaya dalam filnya kok.

Ketonggeng ini merupakan jenis serangga yang tubuhnya mirip seperti kalajengking. Serangga yang satu ini termasuk ke dalam ordo Thelyphonida. Sebelumnya, ordo ini bersatu bersama Schiyomida membentuk ordo Uropygi.

Baca juga : Archerfish, Si Ikan Penembak jitu

Nama lain dari Ketungging

Dalam bahasa Inggris hewan ini di sebut “whip scorpions” atau kalajengking cambuk Ketonggeng juga punya julukan lain lagi, yaitu vinegaroon yang berasal dari kata vinegar yang berarti ‘cuka’.

Morfologi Ketungging

Serangga ini berwarna coklat hitam berkaki delapan lengkap dengan kedua capit pada bagian kepalanya. Tidak seperti kalajengking yang kita tahu, Serangga ini memiliki ekor seperti cambuk yang agak kaku alih-alih sengat.

Sepasang kaki depannya beralih fungsi menjadi indera peraba serupa sungut atau antena, sehingga ketonggeng berjalan hanya dengan menggunakan tiga pasang (enam) kakinya.

hewan ini memiliki sepasang mata di bagian depan area cephalothorax dan tiga buah mata di tiap sisi samping kepalanya, berarti total matanya berjumlah delapan buah.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca juga artikel lainnya juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.