,

Ciplukan, Tanaman Sawah Dengan Segala Manfaatnya!

oleh -19 views
Manfaat-Buah-Ciplukan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ciplukan merupakan tanaman liar yang jamak tumbuh di tegalan, sawah kering, dan sekitar hutan. Tanaman bernama latin Physalis angulata dan Physalis minima ini punya banyak nama. Orang asing menjulukinya morel berry. Orang Sunda menyebutnya cecendet. (tezz)

Buah ciplukan muda di lindungi tudung. Buah ini biasanya di konsumsi saat sudah tua. Cita rasanya manis keasaman. Buahnya naik daun beberapa waktu terakhir. Buah ini banyak di jajakan di supermarket atau di jual secara daring (online). Harga Buah yang segar ini, per kilonya bervariasi. Mulai dari Rp 125.000 sampai Rp 380.000. Selain harga yang mahal di supermarket, manfaat yang bisa kita temukan dari buah kuning mungil satu ini beragam, di antaranya :

Hipertensi

Ekstrak ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Cara mengolah ciplukan untuk hipertensi, sediakan lima gram ciplukan kering dan rebus dalam 110 mililiter air.

Tunggu rebusan selama 10-15 menit, sambil sesekali diaduk. Lalu saring, tunggu sampai dingin, baru minum dua kali sehari. Perhatikan, air rebusan ciplukan tidak boleh di minum setelah 24 jam karena sudah rusak.

Bisul

Untuk mengatasi bisul, gunakan satu genggam daun buah satu ini, satu sendok teh adas pulasari, satu lembar daun sirih, dan sedikit garam. Campurkan semua bahan dan remas-remas sampai lembut. Baru oleskan sekitar bisul.

Baca juga : Buah Kecapi, Manggis Liar Yang Kaya Manfaat

Menambah sistem kekebalan tubuh

Secangkir buah ciplukan mengandung lebih dari 50% nilai harian vitamin C. Sekitar 140 gram buah, menyediakan 15,4 miligram vitamin C untuk kebutuhan 21% asupan harian wanita dan 17% kebutuhan harian pria.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan menambah sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa membantu pembentukan kolagen yang berfungsi mempercepat penyembuhan luka.

Borok

Untuk mengatasi borok, ambil satu genggam daun ciplukan dan tambahkan dua sendok teh air kapur sirih. Tumbuh sampai halus bahan tersebut, lalu tempelkan ke bagian yang sakit.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca juga artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.