, ,

Mengenal Geoduck, Si Kerang Laut Yang Bentuknya Bikin Ambigu

oleh -324 views
Geoduck Yang Tengah Dipanen

ZETIZEN RADAR CIREBON – Geoduck (Panopea generosa) adalah salah satu hewan yang memiliki bentuk unik. Ia merupakan salah satu spesies kerang laut yang disebut-sebut memiliki bentuk menyerupai “Mr. P”. Namun dari bentuknya yang unik, kerang ini meliki nilai jual yang tinggi lho sobat.(tezz)

Rupa Geoduck

Alasan mengapa kerang ini berbentuk seperti “Mr. P” karena, kerang ini memiliki cangkang yang sangat panjang. Cangkan ini di kenal sebagai siphon (tabung). Ketika di guncang, siphon akan berdiri dengan panjang sekitar 1 meter.

Selain itu, kerang ini memiliki ukuran yang besar ketimbang spesies kerang laut lainnya. Cangkangnya berukuran sekitar 15 hingga 20 CM, sehingga menjadi kerang penggali terbesar di dunia. Berat rata-rata dari kerang dewasanya bisa 2 pon atau kurang lebih 1 Kg untuk cangkangnya saja.

Asal Kerang Ini

Kerang ini berasal dari perairan pesisir Kanada barat  dan barat laut Amerika Serikat, menurut IFL Science. Ia juga bagian dari keluarga kerang air asin yang di sebut Hiatellidae. Selain di sebut ‘pen*s‘ clams, geoduck clam juga di kenal sebagai heliotrope clams, mud ducks dan king clams.

Tempat Untuk Menemukannya

Geoduck, bukan hewan yang paling mudah dipanen, biasanya ditemukan di kedalaman 1 meter di dasar laut. Untuk mengumpulkannya, penyelam harus mencari kerang ini di dasar laut dengan alat bantu pernafasan, yaitu ketika ia hanya menyemburkan ujung siphonnya dari dasar pasir.

Setelah ditemukan, penyelam menggunakan air dengan bertekanan tinggi untuk membersihkan pasir di sekitar kerang. Proses ini sangat panjang untuk satu kerangnya, tetapi metode ini lebih disukai karena tidak seperti pukat yang bisa merusak ekosistem laut.

Baca Juga : Fakta Unik Quokka Sang Hewan Paling Bahagia di Dunia

Mempunyai Umur Yang Panjang

Kerang ini juga tercatat sebagai hewan yang berumur panjang. Mereka dapat mencapai usia maksimum lebih dari 150 tahun, dan dalam satu kasus  di temukan cangkang yang berusia 168 tahun.

Untuk menentukan usia kerang, seseorang dapat melihat cangkangnya  menunjukkan lingkaran pertumbuhan tahunan,  seperti menentukan usia pohon. Meskipun umurnya panjang, kerang yang satu ini sangat rentan bila di tangkap secara berlebihan oleh manusia.

Olahan Dari Kerang Geoduck

Dagingnya memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang membedakannya dengan krustasea lainnya. Daging kerang ini dapat di sajikan dengan beberapa cara, tetapi cara  paling umum untuk menyajikannya adalah di olah secara mentah dan di iris tipis. Dan sering di ekspor ke China, Hongkong, dan Korea.

Sumber : kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.