,

Leaf Sheep, Siput Laut Berbentuk Domba Yang Uwu Banget

oleh -243 views
Leaf Sheep Yang Kawaiii

ZETIZEN RADAR CIREBON – Leaf Sheep atau Domba laut merupakan sejenis siput laut tanpa cangkang yang bisa berfotosintesis dengan bantuan alga yang ia makan. Dan siput ini jika di lihat dari dekat menggunakan kamera khusus memang sangat terlihat seperti domba ya sobat zetizen. Dan tahukah kalian, jika siput yang satu ini masih banyak keunikannya loh, mau tahu? Yuk simak pembahasan nya. (tezz)

Leaf Sheep bukan domba maupun tumbuhan

Pada dasarnya, Siput ini sebenarnya adalah sejenis siput laut. Siput daun terkait erat dengan moluska dan  invertebrata laut lainnya. Siput daun sebenarnya sama dengan siput  darat, hanya bedanya siput daun lebih beragam warna dan bentuknya, dan siput daun tidak bercangkang.

Umur Leaf Sheep

Beberapa ahli mengklaim umur dari Domba laut ini rata rata antara 2-3 tahun. Dengan ukurannya yang mungil, umurnya bisa di bilang panjang. Namun kurangnya data dan bukti, klaim tersebut tidak dapat di anggap sebagai fakta. Tapi kemungkinan umur dari siput ini sedikit lebih lama dari klaim para ahli.

Leaf Sheep memiliki sifat layaknya tumbuhan

Leaf Sheep bukanlah tumbuhan, tetapi mereka dapat berfotosintesis tetapi tidak dapat “mencuri” secara alami. Metode fotosintesis siput laut ini  di sebut fenomena kleptoplasti.

Bye the way, fenomena kleptoplasti adalah metode menghirup kloroplas  alga ke organisme lain, “dalam hal ini kloroplas”, menyimpannya di dalam tubuh dan menggunakannya untuk fotosintesis. Karena proses ini, siput daun dapat berfotosintesis dan agak mirip dengan domba  darat karena keduanya adalah herbivora.

Mampu hidup tanpa makanan selama berbulan-bulan

Leaf sheep bukan satu satunya hewan yang bisa berfotosintesis. Ada beberapa hewan lain yang juga bisa berfotosintesis seperti Siput laut (Elysia chlorotica), Salamander berbintik (Ambystoma maculatum), dan kutu kacang (Acyrthospihon pisum).

Meskipun bukan satu satunya hewan yang bisa berfotosintesis, hanya siput inilah yang mampu mempertahankan energi mataharinya dan hidup tanpa sumber makanan selama berbulanbulan, kamampuannya inilah yang membuat siput lucu ini luar biasa.

Baca juga : Mengenal Geoduck, Si Kerang Laut Yang Bentuknya Bikin Ambigu

Nama ilmiahnya merupakan Tempat habitat alami leaf sheep

Nama ilmah dari leaf sheep adalah “Costasiella kuroshimae“. Costasiella mengacu pada genus dari leaf sheep itu sendiri yaitu Sacoglossa. Semetara Kuroshimae merupakan nama pulau di Jepang bernama Kuroshima atau juga di kenal sebagain Pulau Kuro.

Pulau Kuroshima sendiri merupakan tempat asli dari siput laut ini. Selain itu, Kuroshima di kenal dengan airnya jernih dan di sanalah leaf sheep pertama kali di temukan pada tahum 1993 dan menyebar ke lautan Filiphina, Papua Nugini, Australia, Singapura dan Indonesia.

Memiliki tubuh yang unik

Panjang ini hanya 5-25 mm. Tubuhnya berwarna putih krem ​​dan tampak seperti jeli transparan dengan  mata kecil seperti mutiara. Sebuah benda hitam yang menonjol dari kepala adalah sepasang antena yang bertindak sebagai reseptor untuk indera penciuman dan rasa, menemukan sumber makanan dan mendeteksi bahan kimia di dalam air. Makanan pokok siput daun adalah alga.

Cara siput daun memakan alga adalah dengan menusuk dinding sel alga dan menahannya di dekat mulutnya sehingga siput daun dapat menyimpan semua kloroplas di dalam tubuh tanpa mencernanya. Siput daun juga bernapas dengan insang, seperti hewan laut pada umumnya.

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.