4 Cara Mengenali Pikiran Negatif! Berpikir Logis

oleh -19 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – sebagai seorang manusia, tuhan telah memberikan kita sebuah anugerah berupa akal dan emosi. Sebagai manusia yang memiliki nalar kita tentunya sering di hadapkan dengan berbagai masalah yang menyebabkan kita terkadang memiliki pikiran negatif.

Pikiran negatif hadir karena kita merasa bahwa ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan perasaan kita. Pikiran negatif bisa datang mulai dari hal yang remeh seperti kita mencium wewangian yang berbeda dengan pasangan kita lalu kita mengira bahwa ia sedang memiliki hubungan dengan orang lain. Padahal belum tentu apa yang kita pikirkan adalah yang benar. Lalu gimana caranya kita mengenali apakah pikiran kita negatif atau benar adanya? Yuk simak caranya berikut ini

Bukti yang Mendukung

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi pikiranmu adalah apakah pikiran yang melintas di kepalamu ada hal yang dapat membenarkannya? Karena jika kita memiliki bukti yang kuat tentu saja kita memiliki alasan yang jelas untuk membenarkan dugaan kita, masalahnya jika bukti yang kita miliki hanya prasangka biasa saja, apa yang membuat kita merasa benar?

baca juga : Cara Mudah Meredakan Sakit karena Gigi Berlubang

Bukti yang Tidak Mendukung

Setelah kamu mendapatkan bukti yang dapat mendukung dugaanmu, langkah selanjutnya adalah kamu harus menganalisis apakah ada juga bukti yang tidak mendukung dugaanmu. Sebagai contoh di atas, kamu berpikir bahwa pasanganmu memakai wewangian yang sebelumnya belum pernah ia gunakan. Namun, di sisi lain ada kemungkinan bahwa pasanganmu mungkin saja baru membeli parfum baru, atau mungkin dia tersemprot parfum orang lain.

One thought on “4 Cara Mengenali Pikiran Negatif! Berpikir Logis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.