Orchid Mantis, Mantis Berbentuk Bunga Anggrek

oleh -451 views
Orchid Mantis yang sedang beriteraksi diatas bunga Anggrek

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belalang Sembah identik dengan tubuh berwarna hijau atau hijau kecoklatan, namun jika kalian baru melihat Orchid Mantis yang berbentuk seperti bunga Anggrek nan cantik ini? (tezz)

Memiliki nama latin Hymenopus coronatus, Orchid Mantis merupakan belalang sembah yang memiliki bentuk dan warna menyerupai bunga anggrek. Orchid mantis atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan belalang anggrek. Walaupun bentuknya menyerupai bunga anggrek, belalang anggrek ini tidak hidup atau berhabitat pada bunga anggrek.

Habitat dan Usia Orchid Mantis

Orchid Mantis ditemukan di Asia Tenggara. Belalang ini biasanya hidup di daerah dengan suhu antara 25°C hingga 35°C. Suhu minimum di malam hari adalah 18 ° C. Umumnya, rentang usia Belalang ini adalah 6-9 bulan. Siklus hidup belalang ini sangat sederhana yaitu telur, nimfa, dan belalang sembah anggrek dewasa.

Habitat asli Orchid Mantis ini berada di perdu dan pohon kecil yang bunganya sewarna dengan warna tubuhnya. Hal ini tentunya sangat membantu dalam memungkinkan belalang ini untuk melakukan keterampilan meniru agar dapat  bertahan hidup. Dengan mimikri, belalang  anggrek ini dapat mengelabui musuh agar tidak ditemukan di mangsanya.

Baca juga : Fakta Unik Praying Mantis atau Belalang Sembah

Orchid Mantis Secara Morfologi

Ukuran  belalang ini  tergantung pada jenis kelaminnya. Belalang betina  lebih panjang dari  belalang  anggrek jantan. Belalang  betina memiliki  panjang sekitar 67 cm, sedangkan jantan tingginya hanya sekitar 2,5 cm.

Perbedaan panjang tubuh sebenarnya juga dapat menunjukkan laju pertumbuhan dan perkembangan. Belalang jantan  lebih pendek dari  betina, sehingga jantan mengalami kematangan dan kematangan lebih awal. Ada juga perbedaan warna tubuh  antara jantan dan betina.

Yang  jantan cenderung memiliki sayap berwarna putih, tubuhnya berwarna merah muda, dan pada punggungnya terdapat bercak kecoklatan. Pada bagian kakinya, tidak di temukan adanya lobus. Berbeda dengan betina, pada punggungnya dapat di temui adanya bercak hijau.

Keunikan Belalang Satu ini

Keunikan belalang  anggrek ini adalah bahwa belalang ini  menggunakan “eksploitasi sensorik” untuk mengambil singkatannya. Serangga kecil menggolongkan belalang  anggrek ini sebagai bunga yang di penuhi  nektar raksasa, sehingga mereka mendekat untuk menyelidikinya. Reaksi dari serangga kecil ini di gunakan oleh belalang  untuk memangsa mereka.

Sumber : wikipedia & wanaswara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.