, ,

Pakis, Tanaman Paku Yang Kaya Akan Manfaat!

oleh -327 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pakis Sayur atau tanaman Paku pakuan adalah kelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (Tracheophyta) namun tidak pernah menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya. Dan tahukah kalian Sobat Zetizen, jika tanaman yang tumbuh di kawasan lembap ini ternyata ada manfaatnya. Yuk, simak pembahasaan mengenai tanaman Pakis ini. (Tezz)

Daun Pakis yang belum mekar

Tanaman Pakis Secara Morfologi

Tanaman Paku yang satu ini tumbuh di tempat-tempat yang tidak subur untuk pertanian. Tumbuhan ini di kenal karena daunnya tumbuh dari tunas secara “gulungan membuka” atau setengah terbuka. Penampilan luar paku ada yang berupa pohon (paku pohon, biasanya tidak bercabang), semak, epifit, tumbuhan merambat, mengapung di air, hidrofit, tetapi biasanya berupa terna dengan rimpang yang menjalar di tanah atau humus.

Tidak heran jika Sebagian besar anggota paku-pakuan tumbuh di daerah tropika basah dengan kondisi tumbuh Marginal, seperti lantai hutan yang lembap, tebing perbukitan, menempel atau merayap pada batang pohon atau bebatuan, di dalam airkolam/danau, daerah sekitar kawah vulkanik, serta sela-sela bangunan yang tidak terawat.

Di Dunia ini, lebih dari 1.300 sampai 12.000 spesies itu tidak semuanya bisa dikonsumsi dan diantaranya berada di kawasan Indonesia, namun ada beberapa jenis pakis yang bisa di olah. Berikut ini beberapa manfaat daun pakis yang sayang di lewatkan.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam daunnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sifatnya juga mendorong pertumbuhan sel darah putih. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi vitamin C terlalu banyak  karena  dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan sobat Zetizen

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan mata. Memang kaya akan vitamin A dan riboflavin (vitamin B2). Padahal, sayur pakis ini juga membantu mencegah katarak. Menurut U.S National Library of Medicine, memakan makanan yang kaya  riboflavin dapat mengurangi risiko katarak. Selain itu, katarak juga dapat di cegah dengan suplementasi riboflavin atau niasin.

Pakis Sangat Baik Bagi Kesehatan Otak

Kandungan niasin dalam pakis ternyata di perlukan oleh otak kalian. Sebab, niasin merupakan bagian dari koenzim NAD dan NADP yang dibutuhkan untuk mendapatkan energi, sehingga otak berfungsi dengan baik. Selain itu juga, niasin juga berpotensi menjadi pengobatan beberapa jenis skizofrenia, berdasarkan penelitian dari European review for medical and pharmacological sciences.

Untuk Penderita Alzheimer

Tidak kalah dengan manfaat yang terdapat pada tanaman pakis, yaitu pencegah penyakit alzheimer. Kandungan tiamin (vitamin B1) dalam pakis diketahui memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Menurut para peneliti di Annals of the New York Academy of Sciences, ada beberapa kesamaan antara kekurangan tiamin dan penyakit Alzheimer. Karena kedua masalah ini berkaitan dengan masalah kognitif dan penurunan metabolisme glukosa di otak.

Sumber : Wikipedia & hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.