,

Rumput Teki, Rumput Hama Kaya Akan Manfaat

oleh -232 views
Tanaman Gulma

ZETIZEN RADAR CIREBON – Rumput teki, atau suket teki dalam bahasa jawa adalah gulma yang sulit dikendalikan dan tumbuh dengan cepat pada area lahan tanaman budidaya. Namun rumput liar ini juga ternyata ada manfaat yang kita tidak ketahui, seperti apa ya? Yuk, simak pembahasaannya. (tezz)

Dengan nama latin Cyperus rotundus ini adalah gulma pertanian yang biasa di jumpai di lahan terbuka dan sering menggangu pertumbuhan tanaman lain. Orang menyebut “teki”, biasanya yang di maksud adalah jenis ini, walaupun ada banyak jenis Cyperus lainnya yang berpenampilan mirip.

Rumput Teki Secara Morfologi

Rumput ini memiliki struktur morfologi yang mudah di kenali karena memiliki ciri lain di banding jenis rumput lain. Tumbuhan ini memiliki batang berukuran kecil dan panjang dengan bunga pada bagian ujungnya.

Bunga tanaman ini majemuk. Dalam satu pokok tanaman terdapat setidaknya 8 sampai 25 kuntum bunga yang tumbuh secara berumpun sehingga bentuknya seperti payung. Letak bunga ini berada di bagian paling atas dari batang rumput teki yang membentuk percabangan.

Akar jenis rumput yang satu ini mempunyai banyak percabangan yang di sertai rambut-rabut halus pada setiap helai akarnya. Pertumbuhan akar serabut pada rumput teki memanjang dan menyebar secara merata di dalam tanah. Dan uniknya lagi, bau akarnya sangat harum.

Baca Juga : Meniran, Tanaman Yang Terabaikan Ternyata Ada Manfaatnya

Manfaat Rumput Teki

Mengurangi efek Penuaan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat yang pertama yaitu baik untuk merawat kulit. Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, tanaman rumput kacang ini dianggap bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi efek penuaan.

Rumput Teki membantu mencerahkan warna kulit dengan mencegah pembentukan pigmen kulit yang di kenal sebagai melanin. Extrapone, formula yang banyak di temukan di krim pemutih kulit yang terbuat dari ekstrak bubuk akar rumput ini.Cara alami ini untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya atau beracun.

Bagus Untuk Menurunkan Demam

Rumput teki telah di kenal bermanfaat untuk menurunkan  suhu tubuh jika terkena demam. Dalam sebuah penelitian, ekstrak alkohol dari Cyperus rotundus di temukan menunjukkan aktivitas antipiretik yang sangat tinggi terhadap demam atau pireksia pada tikus albino.

Rumput Teki Sebagai Obat Diare

Rumput ini juga baik untuk pencernaan. Tanaman ini sendiri telah digunakan untuk pengobatan tradisional serta banyak di gunakan negara-negara di Asia untuk obat sakit perut, parasit usus, gangguan pencernaan, gangguan usus dan masalah perut lainnya.

Cocok Untuk Diet

Rumput teki ini cukup bermanfaat untuk mencegah penambahan berat badan.  Dalam sebuah penelitian, beberapa tikus di beri ekstrak dari rumput ini dengan dosis harian selama 60 hari. Danan Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus-tikus tersebut menunjukkan penurunan berat badan yang cukup signifikan tanpa adanya perubahan makanan.

Sebagai Obat Epilepsi

Manfaat  berikutnya dapat mengontrol kejang atau epilepsi. Diketahui bahwa pretreatment dengan ekstrak etanol rumput ini, mampu menawarkan perlindungan yang cukup besar terhadap kejang (strychnine dan leptazol-diinduksi) pada tikus.

Anti-Inflamasi

Manfaat  terakhir dari tanaman ini adalah dapat mencegah dermatitis. Suatu studi menemukan bahwa ekstrak alkohol dari tanaman tersebut memiliki aktivitas anti-inflamasi yang efektif terhadap karagenan (polisakarida yang tidak dapat dicerna yang diekstrak dari ganggang merah, yang biasa digunakan dalam makanan sebagai pengental) yang disebabkan oleh edema (retensi air).

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.