Sambiloto, “The King Of Bitter” Bagi Kesehatan

oleh -89 views
Sambiloto yang dijadikan Obat Pil

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sambiloto merupakan tanaman obat berupa herba tegak yang bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diperkirakan berasal dari Asia tropis. Dengan nama latin Andrographis Paniculata ini memiliki rasa yang sangat pahit, maka Sambiloto ini dijuluki sebagai The King of Bitter. Dengan rasa yang lebih pahit dari obat pada umumnya, ternyata tumbuhan ini memiliki segudang manfaatnya, yuk simak pembahasaanya.(tezz)

Sambiloto Secara Morfologi

Sambiloto tergolong tanaman perdu (terna) yang tumbuh di berbagai habitat, seperti pinggiran sawah, kebun, hutan, ladang, pinggir jalan, tebing, pinggir sungai dan di bawah tegakkan pohon jati. Memiliki akar Tunggang berwarna putih kecokelatan.

Pada batangnya berbentuk persegi empat, berkayu, berbuku, pangkal bulat, sewaktu muda berbentuk segi empat, setelah tua menjadi bulat dan memiliki banyak.

Baca juga : Meniran, Tanaman Yang Terabaikan Ternyata Ada Manfaatnya

Kemudian daunnya berukuran kecil, berwarna hijau, tumbuh tunggal, pangkal dan ujung runcing, pertulangan menyirip, berbentuk lanset dengan tepi rata. Dan bunga sambiloto tumbuh pada ujung tangkai yang tersusun dalam sebuah tanda. Bunganya majemuk, kelopak berbentuk lanset, berbagi lima dengan pangkal berlekatan dan berwarna hijau.

Manfaat Dari Tanaman Ini

Tanaman Sambiloto, yang dikonsumsi sebagai teh herbal, atau suplemen makanan, juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Tanaman ini  melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan menstabilkan tekanan darah. Namun, sobat zetizen harus menyadari bahwa mengkonsumsi kepahitan ketika sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Peradangan merupakan cara alami tubuh untuk melindungi dan melindungi diri dari infeksi, penyakit, dan cedera. Untuk mengurangi peradangan, ada beberapa cara yang bisa di lakukan, termasuk mengonsumsi obat herbal alami seperti sambiloto. Tanaman ini telah di gunakan sejak lama untuk mengatasi gejala peradangan berkat kandungan zat antiradangnya.

Baca Juga : 5 Jenis Tanaman Obat Yang Terbukti Manjur Untuk Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, tanaman ini bermanfaat untuk meredakan gejala flu, seperti bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek, serta mempercepat proses pemulihan flu. Manfaat ini berasal dari kandungan zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Untuk mempercepat penyembuhan, sobat juga di sarankan untuk istirahat yang cukup, makan dan minum secara teratur, serta jauhi asap rokok dan polusi agar lebih cepat pulih dari flu.

Riset menyebutkan bahwa ekstrak sambiloto terlihat dapat menurunkan dan mengontrol gula darah, serta mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun, jika berlebihan berlebihan, sambiloto juga berpotensi menimbulkan efek berbahaya, yaitu hipoglikemia.

Selain beberapa manfaat di atas, tanaman yang sangat pahit ini, juga dapat mengurangi terjadinya penyakit kanker. Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto terlihat dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sumber : Alodokter.com & Jenis.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.