Sanderson’s Bladderwort, Tanaman Karnivora Berpenampilan Imut

oleh -109 views
sanderson's bladderwort yang sedang mekar dan memiliki warna puth ke lavender

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanaman Karnivora banyak beragam rupanya menyeramkan, unik, bahkan cantik, dan salah satunya ialah Sanderson’s Bladderwort. Bunga yang keliatan mirip dengan bunga anggrek ini ternyata sangat tidak terduga. Mau tahu sebab kenapa tanaman ini Karnivora? Yuk simak penjelasannya. (tezz)

Sanderson’s Bladderwort merupakan spesies tanaman berbunga dalam keluarga bladderwort. Pertama kali dijelaskan dan diterbitkan oleh ahli botani Inggris Daniel Oliver pada tahun 1865, tanaman karnivora satu ini  abadi. Keluarga Bladderwort sendiri merupakan Tanaman endemik dari KwaZulu-Natal utara dan Transkei di Afrika Selatan.

Sanderson’s Bladderwort Secara Morfologi

Tinggi dan lebarnya mencapai 50 cm (20 inci), tumbuh sebagai litofit pada permukaan berbatu yang basah dan sering kali vertikal pada ketinggian dari 210 m (689 kaki) hingga 1.200 m (3.937 kaki).

Proses karnivora terjadi di bawah permukaan, di mana kantung kecil di batang bawah tanah menangkap mikroorganisme yang menghuni tanah jenuh. Bagian tanaman yang terlihat bukanlah karnivora. Di atas tanah ia memiliki sejumlah bunga putih dengan tanda biru pucat, taji panjang melengkung ke depan dan lobus ganda yang menyerupai telinga kelinci.

Klasifikasi dan Habitat Tanaman Karnivora yang satu ini

Tanaman yang satu ini umumnya berasal dari Belahan Bumi Utara, dan diketahui terjadi di lima puluh Amerika Serikat. Hal ini ditemukan di danau, kolam interdunal, rawa-rawa basah, dan sungai dan sungai; sering di dalam air hingga kedalaman 6 kaki.

Cara Merawat Tanaman Sanderson’s Bladderwort

Untuk menanam atau membudidayakan tanaman ini terbilang cukup muda. Utricularia sandersonii sendiri tumbuh subur dalam kondisi yang relatif mudah yang dapat mentolerir suhu hingga 1 °C (34 °F), tetapi tidak beku. tanaman tersebut harus tetap lembab setiap saat di bawah sinar matahari penuh.

Baca juga : Pakis, Tanaman Paku Yang Kaya Akan Manfaat!

Bladderwort sendiri merupakan  tanaman asli yang menyediakan makanan dan habitat bagi ikan dan hewan. Tananamannya pun menghasilkan bunga menarik yang biasanya berwarna kuning cerah, tetapi terkadang lavende atau putih.

Jadi, Sanderson’s Bladderwort ini terbilang tanaman karnivora yang mudah untuk di kembang biakkan, dan juga bisa sebagai tanaman hias di rumah.

Sumber : wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.