Selain Google, Inilah Rekomendasi Search Engine Terbaik (Part 1)

oleh -213 views
Search Engine

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap kali kita mendengar kata “search engine”, situs Google langsung tengiang di kepala. Wajarlah. Karena semenjak meluncur di tahun 1998, Google langsung mendominasi pangsa pasar situs pencarian di seluruh dunia. (tezz)

Kalau dalam istilah bisnisnya, brand awareness dan brand positioning dari situs ini sangat hebat. Sehingga tidak heran jika mereka langsung menjadi search engine yang dominan di rana internet.

Akibat hal tersebut, kitapun secara default juga demikian. Ketika ingin mencari data atau hal detail yang ingin kita cari, Google adalah situs yang langsung kita buka. Walau hal tersebut wajar, faktanya Google bukanlah satu-satunya search engine di ranah internet.

Terdapat juga beberapa situs lain yang berfungsi sebagai mesin pencari yang juga tidak kalah keren dari situs sejuta umat tersebut. Nah, berikut ini adalah rekomendasi search engine terbaik selain Google yang harus kamu ketahui.

Yahoo

Jauh sebelum Bing, adalah Yahoo yang pertama menjadi “wakil” Google. Bahkan di era internet pertengahan 90an, adalah Yahoo yang menjadi search engine primer-nya.

Sayang sekali kini setelah ada Google dan Bing, fungsi Yahoo sebagai search engine sudah sangat menurun. Kini situs ini, lebih banyak digunakan sebagai media update berbagai berita.

Tapi, bukan berarti kita benar-benar tidak bisa lagi melakukan pencarian melalui Yahoo. Selain masih bisa, juga apbila kita melakukan pencarian di sub menu / domain mereka seperti: Finance, Sports, dan Yahoo Answer, hasil pencarian atau pertanyaan yang kita dapatkan akan jauh lebih detail.

Baca juga : Tampilan Aplikasi Google Translate Didesain Ulang

Yandex

Yandex bisa dikatakan adalah Google-nya Rusia. Dan Yandex dari market share, adalah salah satu dari 5 search engine terbesar di dunia ini. Dan seperti Google, Yandex juga memiliki web browser sendiri, Yandex Browser.

Selain bisa melakukan pencarian ini dan itu seperti Google, situs ini juga memberikan pelayanan lain seperti eCommerce, transportasi online, terjemahan (translate), dan juga menyediakan fitur penyimpanan berbasis cloud.

Nah kerennya, ketika kita menyimpan foto, audio, atau file apapun dalam sistem penyimpanan mereka ini, file simpanan ini nantinya langsung terdaftar dalam search engine dan bisa kita langsung ketik dan cari.

Bing

Bing kini bisa dikatakan sebagai “wakil” Google. Apabila kita tidak bisa menemukan apa yang kita cari di Google, kitapun langsung “lari” ke situs pencari yang dikembangkan oleh Microsoft ini.

Selain memiliki tampilan thumbnail yang jauh lebih jernih, kita juga bisa meklakukan preview dengan suara ketika melakukan pencarian file video. Halaman desktop Bing juga dilengkapi dengan foto bangunan / obyek wisata yang menyejukkan mata dan hati.

Hal ini sangatlah berbeda dengan Google yang hanya menampilkan halaman desktop putih atau hitam polos. Bagi kita-kita yang pekerja dan malas untuk meng-install program Microsoft Office di PC, kita bisa bekerja menggunakan MS Office di Bing.

Namun ingat! Untuk melakukan hal tersebut, kita harus memiliki akun di Microsoft atau di aplikasi video chat Microsoft, Skype terlebih dahulu.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.