Selain Google, Inilah Rekomendasi Search Engine Terbaik (Part 2)

oleh -180 views
Search Engine

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap kali kita mendengar kata “search engine”, situs Google langsung tengiang di kepala. Wajarlah. Karena semenjak meluncur di tahun 1998, Google langsung mendominasi pangsa pasar situs pencarian di seluruh dunia. (tezz)

Kalau dalam istilah bisnisnya, brand awareness dan brand positioning dari situs ini sangat hebat. Sehingga tidak heran jika mereka langsung menjadi search engine yang dominan di rana internet.

Akibat hal tersebut, kitapun secara default juga demikian. Ketika ingin mencari data atau hal detail yang ingin kita cari, Google adalah situs yang langsung kita buka. Walau hal tersebut wajar, faktanya Google bukanlah satu-satunya search engine di ranah internet.

Terdapat juga beberapa situs lain yang berfungsi sebagai mesin pencari yang juga tidak kalah keren dari situs sejuta umat tersebut. Nah, berikut ini adalah rekomendasi search engine terbaik selain Google yang harus kamu ketahui.

CC Search

Ketika kita mencari sebuah foto, audio, atau video yang akan kita gunakan untuk kebutuhan kerja, seringkali kita dilanda rasa cemas terhadap isu hak cipta (copyright).

Apalagi seperti kita ketahui, dalam beberapa tahun belakangan, masalah copyright di rana media sosial sudah sangat ketat aturannya. Hal inilah yang akhirnya membuat kita selalu mencantumkan sumber / alamat URL foto atau file lain yang kita gunakan dalam blog atau situs kita.

Namun tak memungkiri kalau kita kerap merasa malas saja untuk mencantumkan sumbernya tersebut. Nah apabila adalah salah satu tipe yang seperti ini, maka sebaiknya gunakan situs pencarian ini.

Karena CC Search memanglah situs pencarian yang menyediakan file foto, audio, dan video yang bersifat free-copyright. Situs ini sendirilah yang nantinya mengurusi semuanya sehingga, kita tinggal mengunduh dan menyalin saja teks copyright yang sudah mereka buat apabila memang dibutuhkan.

Baca juga : Fitur Sembunyikan Pesan Resmi Dirilis di Whatsapp

Twitter

Sama seperti YouTube, mungkin masih banyak dari kita yang menganggap kalau situs mikrobloging ini, tidak lebih dari situs update atau melihat status singkat yang kita follow.

Namun lebih dari sekedar konsep dan fungsi utamanya tersebut, Twitter jugalah sebuah search engine. Terbukti, ketika kita mengetikkan apapun di kolom Search Twitter, bukan hanya akun pengguna Twitter saja yang muncul.

Namun, Twitter juga akan menampilkan berbagai update yang berkaitan dari kata kunci yang kita ketikkan tersebut. Bahkan kini, update informasi jauh lebih cepat keluar di Twitter daripada di Google.

Maka tidak heran jika Google, kini lebih cenderung digunakan sebagai media konfirmasi beritanya daripada pencarian beritanya.

Youtube

Masih banyak dari kita yang menganggap YouTube sebagai situs atau media unggah dan nonton video saja. Padahal kalau kita telaah lebih jauh, YouTube secara tidak langsung juga termasuk sebagai search engine.

Mengapa demikian? Hal ini sebenarnya logika saja. Ketika kita mengetikkan keyword untuk menyaksikan video tertentu, otomatis YouTube langsung mencari dan menampilkan video yang memuat kata kuncinya bukan?

Nah metode ini sama persis bukan seperti kita mengetikkan keyword di Google atau Bing? YouTube gampangnya bisa kita katakan sebagai versi video dari situs Google.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.