, ,

Sirih Cina, Sering Dibuang Ternyata Banyak Khasiatnya!

oleh -154 views
Sirih Cina yang hidup di sekita kita

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sirih Cina atau dikenal dengan Tumpang Air merupakan tanaman terna kecil yang hanya tumbuh semusim, dengan batang yang lunak hidup di sekitar tepi saluran air atau pekarangan rumah. Ternyata memiliki banyak khasiat yang belum kita ketahui sama sekali. (Tezz)

Secara Morfologis

Sirih Cina mempunyai nama ilmiahnya yaitu peperomia pellucida. Tanaman ini berukuran 15 sampai 45cm. Batangnya berair, memiliki warna hijau cerah seperti sayur berusia 2 minggu, berdaging, dan daunnya agak tebal namun lunak.

Jika kalian melihat tanaman ini di depan rumah, di celah batu, atau lahan yang tidak terurus, lebih baik Sobat Zetizen langsung ambil saja. Sebab tanaman yang satu ini banyak kegunaanya dan tak boleh di sepelehkan. Ternyata tanaman ini sudah ada yang pakai sebagai obat herbal tradisional oleh masyarakat pada zaman dahulu. Nah berikut penjelasaan dari khasiat Sirih Cina yang perlu kalian ketahui.

Mengobati Rheumatoid Arthritis

Mengkonsumsi Jus Sirih Cina yang diekstrak dari batang dan daunnya diketahui dapat membantu mengobati rheumatoid arthritis. Ramuan ini bisa diminum pada pagi dan sore hari. Meski begitu, Sobat juga tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya karena ramuan ini bisa langsung memberikan efek langsung  setelah mengkonsumsinya.

Untuk Patah Tulang

Menurut hasil penelitian, daun sirih cina mengandung mineral yang membantu mempercepat penyembuhan tulang. Mengkonsumsi ramuan ini dari ekstrak gulma juga dapat secara efektif mempercepat penyembuhan patah tulang. Jadi cocok bagi kalian yang tengah mengalami patah tulang meski tidak sepenuhnya langsung sembuh.

Sirih Cina Sebagai Obat Percernaan Alami

Manfaat selanjutnya adalah dapat melindungi sistem pencernaan. Rebusan daunnya telah terbukti membantu meringankan rasa sakit pada pasien yan terkena maag. Menurut hasil penelitian, ekstrak daun ini dapat menghambat kerusakan pada lapisan lambung atau lapisan  yang mengandung kelenjar dan lubang lambung. Jika kamu memiliki masalah kesehatan terkait pencernaan, mengkonsumsi ramuan daun sirih cina bisa menjadi alternatif pengobatan herbal.

Sebagai Anti Kanker

Daunnya dapat membantu dalam pengobatan kanker. Ramuan liar dengan daun mengkilap ini, telah terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Daun nya diketahui dapat menghambat pertumbuhan banyak patogen, bakteri dan senyawa radikal bebas.

Sumber : Wikipedia & Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.