Shadow Self! Yuk Kenali Sisi Gelap dari Dirimu

oleh -113 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah sobat pernah merasakan bahwa kamu yang dulu itu sangatlah cringe dan penuh dengan kepercayaan diri yang tidak seharusnya di tunjukan? Itu adalah shadow self yang ingin kamu sembunyikan dari orang lain.

Ibarat “dark side” yang ada di diri semua orang, kita mungkin tak bisa mengalahkannya tapi kita bisa belajar berdamai dengan sisi gelap ini untuk mengenal diri kita seutuhnya.

Shadow self sendiri sebetulnya bukan musuh dalam diri kita sendiri tapi lebih seperti versi lain kita yang terluka, takut, atau marah. Bila kita bisa memahami dan berdamai dengan semua emosi tersebut, kita akan sadar kalau mereka tetap bagian dalam pribadi kita.

Apa yang Dimaksud “Shadow Self”?

Konsep tentang “shadow self” sendiri berasal dari ilmu psikologi. Psikolog terkenal Carl Jung yang studinya berfokus pada psikis bawah sadar manusia menulis ide soal “shadow self” di tahun 1960-an.

Ia percaya kalau alam bawah sadar kita terdiri dari beberapa lapisan atau tingkat dari kepribadian kita yang di sebut sebagai arketipe yang meliputi: persona, self, anima atau animus, dan shadow self.

Baca juga: Ketahui Kepribadian Seseorang Melalui Warna Eyeshadow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.