,

Sintrong, Gulma Kebun Yang Satu Ini Memiliki Manfaat

oleh -344 views
Sintrong yang terlihat masih muda

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sintrong merupakan sejenis tumbuhan anggota suku Asteraceae. Terna ini umumnya ditemukan liar sebagai gulma di tepi jalan, di kebun-kebun pekarangan, atau pada lahan-lahan telantar. Meski Sintrong yang satu ini sering kita temukan di tempat-tempat tersebut ternyata, memiliki manfaat bagi tubuh kita loh sobat zetizen. (tezz)

Dengan nama latin Crassocephalum crepidioides, Sintrong yang satu ini memiliki banyak nama di Indonesia ada yang mengenalnya  junggul,  jambrong, tespong (Sunda), puyung, taplek (Jawa), kejelengot, dan kepotpot (Bali).

Gulma yang satu ini juga sering di olah menjadi sayur atau juga bisa sebagai lalapan. Bagi orang Sunda lebih enak sebagai lalapan, sedangkan di daerah jawa tengah dan timur serring di olah menjadi Tumis, Oseng, dan Urap.

Sintrong Secara Morfologi

Tumbuhan yang satu ini dapat berdiri tegak dan ketinggiannya bisa mencapai hingga 1 meter. Tanaman ini juga memiliki aroma harum yang aromatis apabila diremas. Sedangkan jenis batang pohonnya sendiri bertekstur lunak serta beralur-alur dangkal.

memiliki daun – daun yang letaknya tersebar, dengan tangkai yang sering bertelinga. Selain itu helaian daun juga berbentuk jorong memanjang atau seperti bulat telur yang terbalik.

Ujung daunnya cukup  runcing akan tetapi memiliki tepi yang rata atau berlekuk hingga bersifat menyirip, bergigi, dan bergerigi kasar.

Bunga tanaman ini bersifat majemuk artinya berupa bongkol-bongkol yang tersusun dalam malai rata terminal. Dan memiliki buah yang sifatnya keras (achene) dan bentuknya ramping serta memanjang seperti gelendong dengan rusuk.

Baca Juga : Tomat itu Buah atau Sayuran? Berikut Jawabannya

Manfaat Dari Sintrong

Sebagai Perawatan Kulit

Kandungan saponin, polifenol dan flavonoid dalam daunnya berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga elastisitas kulit. Selain itu, flavonoid berperan sebagai filter UV  alami untuk melindungi kulit dari  sinar matahari.

Sintrong Sebagai Penangkal Kolesterol Tinggi

Kandungan antioksidan  dan vitamin D yang tinggi pada daun sintrong memiliki kemampuan mengatasi kolesterol tinggi.

Cocok Untuk Diet

Bagi yang mengikuti program diet, sebaiknya konsumsi daunnya secara rutin. Pasalnya, daun sintrong tidak memberikan lemak pada tubuh, sehingga bisa membantu program diet yang  Anda ikuti.

Bagus Untuk Pencernaan

kandungan serat dalam daun sintron berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, zat lain di dalam daunnya juga ampuh mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Sebagai Immune

Daun sintrong mengandung vitamin B kompleks yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi daun ini secara rutin maka kesehatan tubuh  akan terjaga dan anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Sumber : merdeka.com & wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.