Tanaman Daun Sendok, Tanaman Berbentuk Sendok ini Memiliki Manfaat!

oleh -286 views
Daun Sendok,, Mirip Sendok ternyata ada khasiatnya lho!

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanaman Daun sendok adalah tanaman kebun dari famili Plantaginaceae yang berbentuk kumpulan daun berbentuk menyerupai sendok terbalik yang tengah di taruh di satu wadah. Selain itu Tanaman yang satu ini memiliki khasiat bagi kesehatan lho sobat. Mau lebih lanjut, yuk simak pembahasanya. (tezz)

Memiliki banyak sebutan di berbagai daerah

Memiliki nama ilmiah Plantago Major L, tanaman yang satu ini memiliki banyak nama di pelosok indonesia di anataranya :

  • Ki Urat Ceuli di daerah Jawa.
  • Ceuli Uncal, Meloh Kiloh, Otot- ototan, Sangka Buah, Sangkuwah, Sembung Otot, Suri Panduk  bagi daerah Sunda,
  • Daun urat, urat-uratan, ekor angin, dan kuping menjangan bagi daerah Sumatra dan
  • Di Sulauwesi letaknya di Sulauwesi Utara di sebut Torongoat.

Ekologi Daun Sendok

Tanaman yang satu ini merupakan anggota suku kiurat-kiuratan ini merupakan tanaman gulma yang tumbuh di perkebunan teh dan karet, atau tumbuh liar di hutan, ladang, halaman berumput yang agak lembap sampai ketinggian 3.300 m di atas permukaan laut.

Daun Sendok ini berasal dari daratan Asia dan Eropa. Namun sekarang persebaran tanaman ini sudah meluas di beberapa pulau di indonesia khususnya di Jawa, Sumatra, dan Sulauwesi.

Baca juga : Bunga Dandelion, Tanaman lucu ini kaya akan manfaat!

Daun Sendok secara morfologi

Daun sendok memiliki Batang yang tegak dan basah. Jenis Daun ini merupakan daun tunggal, bertangkai panjang, dan tersusun dalam roset akar. Helaian daun berbentuk bulat telur sampai lanset melebar, tepi rata atau bergerigi kasar tidak teratur, memiliki permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan sejajar dan melengkung, panjang 5-10 cm dan lebar 4-9 cm, dan berwarna hijau.

Khasiat Daun Sendok bagi kesehatan

Dapat mengobati batu Ginjal

Menurut penelitian, ekstrak daun sendok atau Plantago mayor L di anggap dapat mengatasi gangguan saluran kemih pada manusia. Daun sendok mengandung senyawa kimia seperti plantagin, aukubin, asam ursolat, epignin, beta sitosterol, hingga vitamin A, C, B1 dan kalium.

Mengatasi peradangan

Menurut beberapa penelitian, manfaat daun sendok ada pada efek anti inflamasi dari  flavonoid, terpenoid, glikosida, tanin dan banyak lagi. Studi pada hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak daun sendok dapat mengatasi peradangan yang di sebabkan oleh kerusakan  hati.

Penelitian serupa juga menjelaskan bahwa manfaat daun sendok dapat mengatasi peradangan, mengurangi enzim hati dan melindungi hati dari kerusakan. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia di perlukan untuk memperkuat temuan ini.

Daun Sendok juga dapat dijadikan obat diare

Berdasarkan penelitian, diyakini bahwa manfaat daun sendok  memperlambat pergerakan saluran pencernaan, membuat pergerakan usus  lebih teratur, dan membantu melawan diare.

Studi pada tikus juga menunjukkan bahwa ekstrak daun sendok dapat memicu proses penyembuhan bisul. Selain itu, penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa daun sendok  mengandung komponen anti-inflamasi yang dapat mengobati penyakit radang usus (IBD).

Mempercepat proses penyembuhan luka

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Daun sendok  mempercepat proses penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan, menekan pertumbuhan mikroba dan menghilangkan rasa sakit.

Faktanya, sebuah penelitian terhadap 40 peserta menemukan bahwa gel yang terbuat dari lidah buaya dan daun sendok dapat menyebabkan perbaikan jaringan  pada penderita borok pada kaki. Namun, masih sulit untuk menyimpulkan temuan tentang efektivitas daun sendok, karena  lidah buaya juga digunakan di sini.

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.