Tanaman Yang Bisa Dijadikan Sebagai Aromaterapi

oleh -92 views
Aromaterapi menggunakan minyak esensial

ZETIZEN RADAR CIREBON – Aromaterapi merupakan salah satu pengobatan yang menggunakan minyak esensial atau ekstrak minyak murni yang di esktrak dari tanaman yang didapatkan dari penyulingan secara proses kimiawi. (tezz)

Salah satu metode pengobatan yang di gandrungi bagi kaum hawa, sebab bisa untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan, meningkatkan mood, serta menyegarkan dan menenangkan jiwa dan raga.

Namun, perlu di ingatkan bagi sobat jika aromaterapi yang satu ini juga bisa mengakibatkan efek samping. Yaitu menyebabkan penumpukan cairan di rongga paru, diare, sesak napas, mual, muntah kerusakan ginjal, kejang, koma, hingga kematian.

Nah, bicara mengenai Aromaterapi yang di dapatkan dari minyak esensial, nah berikut beberapa tanaman yang bisa di jadikan sebagai Aromaterapi versi Zetizen, lets check it out!

Aromaterapi Bergamot atau Balsem Lebah

Tanaman herbaceous liar yang tergolong dalam keluarga mint yang di gunakan sebagai tanamn penhasil madu pada lebah dan sebagai tanaman obat dan hias. Tanaman ini memilik aroma yang manis dan harum jika di pakai sebagai aromaterapi dan cocok bagi sobat jika mengalami masa-masa mood sedang berantakan.

Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Sering digunakan sebagai bahan teh dan minyak wangi atau parfum.

Memiliki aroma yang harum dan kuat sehingga di juluki sebagai “Queen of the night”  sebab memiliki kandungan afrodisiak alami karena memiliki aroma “menggoda” yang dapat meningkatkan sensualitas.

Kenanga

Masyarakat kita pasti tidak asing dengan bunga kenanga atau Ylang Ylang satu ini. Bunga yang wangi ini sering di pakai untuk berbagai keperluan seperti adat. Warnanya kuning, bentuknya seperti bintang.

Wangi yang kalem sangat khas cocok bagi wanita yang sudah berkepala 2 dan lebih bagus jika di gunakan sambil berendam.

Baca juga : Bikin Wangi Seharian : Ini 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Bisa Dicoba

Dafnah

Tanaman perdu besar berdaun hijau yang berasal dari kawasan Mediterania. Tumbuhan tersebut merupakan salah satu tumbuhan yang di gunakan untuk perasa daun salam dalam memasak. Aromaterapi yang di ambil ialah daunnya, memliki aroma segar dan tidak tajam.

Aromaterapi Marjoram

Sering dipanggil dengan sebutan Sweet Marjoram sebab, tanaman yang satu ini sering di gunakan sebagai bahan permen selain daun mint. Memiliki aroma yang kuat serta sangat wangi di manfaatkan untuk menambah cita rasa pada makanan.

Aromaterapinya dapat di gunakan bagi yang terkena batuk, pilek, juga influeza. Memiliki sifat penenang yang dapat bermanfaat untuk meredakan insomnia dan sakit kepala. Dan juga dapat menggunakannya sebagai minyak pijat.

Rosemary memiliki Aromaterapi yang manis da lebut

Memiliki nama latin Rosmarinus officinalis tanaman ini juga sama halnya dengan Marjoram, yang merupakan tanaman rempah-rempah. Memiliki aroma yang manis dan lembut yang dapat memberikan efek relaksasi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan stres dan rasa cemas. 

Aromaterapi Angelica/Tang-Kuei

Tanaman ini umumnya di kenal ginseng wanita, tanaman yang satu ini adalah ramuan milik keluarga Apiaceae, yang berasal dari Cina. Sama seperti melati yang memiliki aroma harum namun tanaman yang satu ini lebih kuat dan menusuk, namun khasiat nya bagus bagi pernapasan.

Sumber : hallosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.