,

Wasabi, Kubis Jepang Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

oleh -114 views
Bubuk Wasabi yang memiliki rasa pedas

ZETIZEN RADAR CIREBON – Wasabi merupakan tanaman asli jepang yang berasal dari keluarga kubis-kubisan. Namun sayang tanaman yang satu ini hanya tumbuh di  tempat dingin, di sungai gunung yang teduh di negeri asalnya. Dan tahukah kamu bahwa  Wasabi ini memiliki manfaat yang baik baik tubuh kita. Mau tahu? yuk simak pembahasan berikut ini. (tezz)

Wasabi ini digunakan oleh masyarakat disana sebagai bumbu penyedap, karena memiliki rasa yang pedas menusuk dan sedikit manis, dan juga sebagai pendamping sushi, sashimi, soba, dan ochazuke.

Wasabi Secara Morfologi

Dengan nama latin wasabia japonica ini memiliki berbentuk bulat panjang dan mengecil di bagian bawah. Daun keluar langsung dari bagian rizoma, tangkai agak panjang dan tumbuh ke atas dengan daun yang melebar.

Daun berbentuk seperti jantung, diameter sekitar 10 cm. Di musim semi, dari rizoma keluar tangkai untuk bunga, letak daun bersilangan, dan ukuran daun lebih kecil dari daun yang keluar langsung dari rizoma. Bunga keluar di ujung tangkai, mekar di akhir bulan Februari-Maret, berwarna putih, daun mahkota 4 helai, dan mekar tidak secara berturut-turut.

Manfaat Dari Mengkonsumsi Wasabi

Wasabi sebagai pencegah sel kanker

Isotiosianat dari rasa pedas pada wasabi, adalah fitokimia yang memiliki sifat melawan kanker yang kuat. Ini telah dikonfirmasi oleh  penelitian dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa isotiosianat dapat membantu menurunkan risiko pertumbuhan selsel kanker paru dan kanker kerongkongan. Senyawa ini juga memiliki potensi dalam mencegah kanker lainnya, termasuk pencernaan.

Sebagai penurun berat badan

Pada Studi Nutrition Research and Practice, telah menemukan bahwa wasabi dapat mengurangi risiko obesitas. Hasil ini diperoleh melalui percobaan dengan hewan uji, yang sering diberi makan diet tinggi lemak.

Setelah rutin memberikan makanan tinggi lemak, peneliti memberikan penetral berupa campuran air panas dan ekstrak wasabi. Dan hasil akhir penelitian menunjukkan penurunan risiko obesitas pada hewan yang mendapatkan campuran tersebut.

Baca Juga : Sintrong, Gulma Kebun Yang Satu Ini Memiliki Manfaat

Baik untuk kesehatan jantung

Selain berolahraga dan menghindari makanan berlemak, mengonsumsi wasabi japonica ini juga membantu menjaga kesehatan jantung. Ini karena wasabi memiliki sifat antihiperkolesterolemia.

Zat dengan khasiat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi  dalam tubuh. Akibatnya, makanan penyedap ini membantu secara tidak langsung mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung.

Efektif melawan antibakeri di dalam perut

Efek antibakteri wasabi juga efektif untuk  pertumbuhan bakteri di lambung dan usus. Sebuah studi tahun 2017 di Jepang  menunjukkan bahwa bahan ini mampu memerangi infeksi Helicobacter pylori.

Sebagai anti radang

Para peneliti di University of California di Amerika Serikat telah menemukan bahwa wasabi dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan sendi. Ini karena isotiosianat dapat mengikat langsung ke saluran potensial reseptor transien (TRP).

Cocok untuk penderita asma

Untuk orang dengan masalah pernapasan seperti  asma, aromanya yang kuat  membantu meredakan gejala. Alasannya karena bahan ini mengandung komponen gas yang menyebabkan reaksi kuat di saluran udara dan sinus.

Sumber : hallosehat.com & Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.