8 Cara Tingkatkan Fungsi Kognitif Selain Belajar

oleh -26 views
kognitif

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa  sih yang nggak mau jadi cerdas, dan kita semua tahu  bahwa cara umum meningkatkan fungsi kognitif adalah dengan terus belajar dan membaca buku. Tapi, meskipun kita semua tahu caranya tapi tidak semua orang melakukannya.

Karena hal itu sangat membosankan dan tidak menyenangkan. Ternyata ada loh cara menjadi cerdas dengan ara yang lebih menyenangkan dan tidak merepotkan, berikut adalah cara-caranya.

1. Olahraga teratur

Aktif secara fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak. Menurut studi di 2018, olahraga ringan dapat meningkatkan aktivitias di hippocampus yang terlibat dalam memori.

Untuk menikmati manfaat kognitif dari olahraga, penting untuk melakukannya secara teratur. Kamu tidak perlu olahraga berat, seperti berjalan, yoga, dan latihan angkat beban.

2. Tidur yang cukup

Tidur juga penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal. Saat tidur, otak akan menggabungkan ingatan yang dibuat sepanjang hari. Ini juga meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari sesuatu ketika bangun.

3. Meditasi

Studi di 2010 menyebut meditasi dikaitkan dengan fungsi eksekutif dan memori kerja yang lebih baik. Efek ini dapat diamati setelah empat hari meditasi. Para peneliti berspekulasi bahwa efek kognitif ini disebabkan oleh manfaat emosional dari meditasi.

Baca juga: Meditasi Islam! 5 Cara Umat Islam Berlatih Meditasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.