Barnum Effect! Alasan Banyak Orang Percaya Zodiak

oleh -40 views
barnum effet

ZETIZEN RADAR CIREBOBN – Apakah kamu yakin dengan nasibmu sendiri? Ternyata tidak sedikit orang yang tidak yakin pada nasibnya sendiri dan bergantung pada ramalan bintang atau zodiak. Dalam psikologi, ada fenomena yang mirip bernama barnum effect.

Zodiak adalah ramalan yang didasarkan pada kecocokkan waktu lahir seseorang dengan rasi bintang. Ada 12 jenis zodiak sesuai dengan jumlah bulan dalam kalender masehi.

Kini, ramalan zodiak menjadi acuan bagi sesorang untuk menjalani rutinitas di setiap bulannya. Karenanya sekarang banyak media sosial, situs, dan majalah yang menuliskan ramalan zodiak.

Dalam Islam sendiri sudah jelas bahwa kita sebagai umat Muslim tidak boleh mempercayainya, seperti dalam hadist berikut.

“Barangsiapa yang mendatangi seorang peramal lalu menanyakan kepada tentang satu ramalan, maka tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh malam”

(HR. Muslim)

Meskipun sudah jelas hokum dari mempercayai sebuah ramalan, lalu kenapa masih banyak yang mempercayainya? Ternyata hal ini berkaitan dengan istilah psikologi barnum effect.

Baca juga: Zodiak Ini Hidupnya Selalu Serius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.