Confirmation Bias! Apa Pemikiran Kita Itu Benar?

oleh -50 views
confirmation bias
The scales on which lie the lot of facts and bias.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak orang ketika berdebat cenderung keras kepala dan tidak mau melihat dari sudut pandang lain. Hal itu terjadi karena berpikir hasil dari pemikiran diri sendiri itu benar adanya. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai confirmation bias.

Confirmation Bias adalah kecenderungan kita untuk menangkap informasi yang menurut mereka relevan, sekalipun informasi itu tidak nyata.

Biasanya orang-orang untuk mencari bukti-bukti yang mendukung pendapat atau kepercayaannya. Serta mengabaikan bukti-bukti yang menyatakan sebaliknya.

Mengapa orang bisa terjebak Confirmation Bias?

Mengapa manusia memiliki confirmation bias tersebut? Well, Thomas Gilovich menyatakan dalam bukunya;

How We Know What Isn’t So: The Fallibility of Human Reason in Every Day Life (1993), “most likely reason for the excessive influence of confirmatory information is that it is easier to deal with cognitively.”

Kita lebih mudah untuk mengingat informasi baru yang mendukung apa yang kita percayai selama ini. Dan secara tanpa sadar, dengan cepat melupakan informasi ataupun fakta baru yang menyanggah kepercayaan itu tadi.

Misalnya saja seperti ini, stereotipe yang ada di sejumlah komunitas adalah ini: orang Batak itu pasti pandai menyanyi dan merdu suaranya.

Baca juga: Actor Observer Effect! Mudahnya Menilai Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.