Fakta Stormbreaker, Senjata Baru Thor

oleh -50 views

ZETIZENRADARCIREBON – Sepanjang penampilannya dalam MCU, Thor telah memiliki dua senjata yang sama-sama ikonisnya. Saat pertama kali muncul, ia menggunakan Mjolnir, senjata berwujud palu yang sama seperti versi mitologinya. Lalu, setelah Mjolnir hancur, sang Dewa Petir pun menggunakan sebuah senjata baru berwujud palu sekaligus kapak yang memiliki nama Stormbreaker. (cva)

Stormbreaker pun kini memiliki peran yang cukup besar dalam petualangan sang Dewa Petir pada sejumlah proyek MCU. Meski begitu, ada sejumlah fakta menarik dari versi komiknya yang belum banyak orang ketahui. Senjata ini kini memiliki peran besar terhadap petualangan Thor dalam semesta MCU. Inilah sejumlah fakta menarik tentang Stormbreaker!

1. Bukan diciptakan untuk Thor dalam versi komiknya

Dalam MCU, kita lebih mengetahui Stormbreaker sebagai senjata milik Thor yang tercipta khusus atas permintaan sang Dewa Petir. Namun, dalam versi komiknya, justru adalah sebuah senjata yang tercipta untuk karakter bernama Beta Ray Bill.

Proses terciptanya Stormbreaker berawal ketika Thor dan Beta Ray Bill terlibat dalam sebuah pertarungan. Beta Ray Bill pun menjadi pemenang dari pertarungan ini dan layak mendapatkan Mjolnir sebagai hadiahnya. Meski begitu, Beta Ray Bill menolak untuk mengambil Mjolnir, meski sebenarnya ia memang worthy dan mampu untuk mengangkat palu tersebut.

Alasan Beta Ray Bill tak mau mengambil Mjolnir adalah karena ia tak mau merampas senjata yang telah digunakan sang Dewa Petir dalam waktu yang sangat lama. Odin yang menyaksikan kemuliaan hati Beta Ray Bill kemudian memberikannya hadiah berupa senjata berbentuk kapak-palu yang bernama Stormbreaker.

2. Tercipta berkat sihir, bukan kekuatan bintang neutron saja

Pada versi MCU, Thor pergi ke Nidavellir untuk meminta bantuan Eitri buat menciptakan senjata berkekuatan dahsyat yang bisa mengalahkan Thanos. Sang Dewa Petir dan Eitri bekerja sama buat menciptakan Stormbreaker dengan menggunakan kekuatan bintang neutron yang jadi sumber energi dari Nidavellir.

Proses terciptanya senjata ini dalam versi komiknya sebenarnya enggak terlalu berbeda. Soalnya, Odin juga pergi ke Nidavellir dan bertemu dengan Eitri untuk menciptakan hadiah senjata buat Beta Ray Bill. Bedanya, Odin membantu proses penciptaannya dengan menggunakan sihir agar jadi sama seperti Mjolnir.

3. Stormbreaker nggak bisa digunakan sembarang orang

Akibat sihir Odin, Strombreaker dalam versi komik juga hanya bisa digunakan oleh sejumlah orang tertentu yang layak atau worthy. Jadi, enggak semua karakter bisa mengangkat Stormbreaker dan menggunakannya sebagai senjata. Dalam komiknya, cuma ada beberapa karakter saja yang bisa menggunakan Stormbreaker, termasuk Thor dan juga Beta Ray Bill.

Namun, sifat Stormbreaker sebagai senjata dewa dalam versi MCU cukup berbeda. Soalnya, dalam MCU seluruh karakter bisa menggunakan Stormbreaker, bahkan jika mereka tak worthy atau jahat sekalipun. Hal ini terjadi karena dalam versi MCU, senjata ini enggak diciptakan dengan bantuan sihirnya Odin sehingga tak ada mantra yang membuatnya cuma bisa dipakai orang tertentu saja.

4. Kekuatannya lebih dahsyat dari Mjolnir

Mungkin banyak dari kamu yang sepakat bahwa senjata ini memiliki kekuatan dan fungsi yang jauh lebih dahsyat ketimbang Mjolnir. Perbedaan terbesarnya terletak pada kemampuan Stormbreaker yang bisa memanggil jembatan Bifrost untuk pergi ke mana saja secara instan. Mjolnir pun tak memiliki kemampuan ini dan hanya bisa membuat penggunanya terbang dengan cepat.

Lalu, dalam versi komiknya, Stormbreaker juga memiliki kemampuan untuk meledakkan jika ada orang tak worthy yang mencoba untuk mengangkatnya. Bentuknya yang menyerupai kapak juga membuat Stormbreaker menjadi jauh lebih berbahaya ketika melawan musuh karena merupakan senjata tajam.

Kedahsyatan kekuatan yang ia miliki pun sempat membuat Thor menolak untuk menggunakannya. Sebab, sang Dewa Petir menganggap bahwa ia tak pantas untuk memiliki benda yang sangat kuat.

5. Skrulls pernah berhasil membelah dua Stormbreaker

Dalam arc Secret Invasionras alien Skrulls pernah berhasil mendapatkan Stormbreaker dari genggaman Beta Ray Bill. Menariknya, Skrulls kemudian membelah Stormbreaker menjadi dua dan menciptakan dua senjata baru yang tak kalah dahsyat. Hal yang bikin lebih anehnya lagi, para pejuang Skrulls dapat dengan mudahnya memakai Stormbreaker yang sudah terbelah dua tersebut meski tak worthy.

Dengan bantuan Thor, Beta Ray Bill pun bisa kembali mendapatkan senjata ini. Namun, momen ini cukup membuktikan bahwa senjata ini juga bisa terbongkar-pasang layaknya senjata pada umumnya. Selain itu, ras alien Skrulls tampaknya juga memiliki kemampuan untuk membuat mereka worthy sebagai pengguna senjata para dewa.

Nah, itulah sejumlah fakta tentang Stormbreaker yang perlu kamu ketahui. Dari sejumlah fakta tersebut, manakah yang paling menarik perhatian kamu? Share pendapat kamu dan pantengin terus Zetizen untuk fakta menarik lainnya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *