Heracles, Demigod Putra Zeus #Part1

oleh -32 views

ZETIZENRADARCIREBON – Pada hari Rabu, 6 Juli kemarin, film Thor: Love and Thunder resmi rilis di bioskop Indonesia. Spoiler alert, jika kamu menunggu hingga mid-credit scene, Raja Dewa Yunani, Zeus (Ζεύς), mengutus putranya, Hercules, untuk memburu Thor. Jangan senang dulu sob, kamu sadar ga sih, kalau ada yang salah? Oke, mimin jelasin ya! Jadi, Hercules sendiri adalah versi Romawi Kuno dari Heracles (Ἡρακλῆς), beda cerita bila yang mengatakannya adalah Jupiter, versi Romawi Kuno dari Zeus. Apakah Marvel blunder? Namanya juga film! Agar tidak salah lagi, inilah berbagai fakta Heraclesdemigod perkasa dari mitologi Yunani Kuno!

1. Hasil hubungan gelap Zeus

Bukan rahasia kalau Zeus suka “main serong”. Jadi, saat Zeus melihat Alcmene (Ἀλκμήνη), ia pun naik birahi. Bahkan, ia sampai meminta Dewa Matahari Helios (Ἥλιος) agar tak menerbitkan Matahari selama 3 hari agar bisa terus bersama Alcmene.

Jadi, Zeus menyamar sebagai suami Alcmene, Amphitryon (Ἀμφιτρύων), dan menghampiri Alcmene. Amphitryon yang asli kemudian pulang dan bersetubuh dengan Alcmene. Oleh karena itu, Alcmene mengandung putra dari Amphitryon juga Zeus.

Kelakuan Zeus tentu saja dibenci oleh istrinya sekaligus Ratu Dewa Yunani, Hera (Ἥρα). Oleh karena itu, Hera ingin membuat hidup Heracles merana. Malah, sebagian besar kisah Hercules adalah intervensi jahat Hera.

Sekadar informasi, Alcmene adalah cucu dari Perseus (Περσεύς). Jadi, sang dewi meminta Zeus bersumpah akan menjadikan anak pertama yang lahir dari garis keturunan Perseus jadi seorang raja. Pada saat yang sama, putra Perseus, Raja Sthenelus (Σθένελος), juga menantikan seorang putra, Eurystheus (Εὐρυσθεύς).

Saat Zeus setuju, Hera datang ke rumah Alcmene dan memperlambat proses persalinan Heracles dengan memaksa intervensi Dewi Persalinan Ilithyia (Εἰλείθυια). Alhasil, Eurystheus lahir prematur sehingga ia menjadi Raja. Lalu bagaimana dengan anak Zeus tersebut? Hera tadinya ingin membunuhnya dalam kandungan Alcmene, lo!

Untungnya, salah satu pelayan Alcmene, Galanthis (Γαλάνθης), mengetahui rencana Hera. Jadi, ia membohongi Ilithyia bahwa Alcmene sudah melahirkan. Menyangka keduluan, Ilithyia terkejut, dan kejutan inilah yang membuat Alcmene melahirkan Heracles, berikut dengan saudaranya, Iphicles (Ἰφικλῆς).

3. Heracles Kuat berkat “susu” Hera

Takut akan Hera, Alcmene sempat meninggalkan anaknya sendiri. Sehingga Dewi Kecerdasan Athena (Ἀθῆνα) menyamarkan Heracles agar di asuh oleh Hera. Karena kasihan dan tak tahu, Hera akhirnya mengasuh bayi tersebut.

Saat di susui Hera, ia membuat ASI dari Hera tertumpah ke seluruh langit, yang menyebabkan tak sengaja menciptakan Bimasakti. Selain keturunan dewa, ASI Hera juga membuat Heracles punya kekuatan super. Setelah kejadian ini, Athena mengembalikan bayi tersebut ke Alcmene.

Demi menyenangkan Hera, bayi ini kemudiaan di beri nama Heracles, yang berarti “Kebanggaan Hera”. Tak puas begitu saja, Hera mengirim dua ekor ular besar untuk membunuh anak itu dan Iphicles. Sementara saudaranya menangis, Heracles malah mencekik ular tersebut dan menjadikan mereka mainan!

4. Bunuh istri dan anak sendiri

Pergi ke Thebes, Heracles sempat belajar seni musik dari musisi kondang Linus (Λῖνος). Namun, Linus tak suka dengan Heracles karena ia tak mengerti musik, dan memukulnya dengan tongkat. Marah, ia kemudian membunuh Linus dengan sebuah lira. Meski bebas dari hukuman, Amphitryon menyuruhnya menjadi gembala sapi.

Lalu, ia menikahi putri Raja Thebes Creon (Κρέων), Megara (Μεγάρα). Beranak-pinak, apakah Heracles dan Megara hidup bahagia seperti di film Disney? Tentu tidak. Hera membuat Heracles gila, lalu dalam keadaan tersebut ia tega membunuh Megara dan anak-anaknya sendiri.

Sesudah ia sadar dari kegilaannya, ia pun menyesal dan pergi ke Peramal di Delphi untuk menebus kesalahannya. Tanpa sepengetahuannya, ternyata sang Peramal juga telah terpengaruh oleh Hera, sehingga sengaja memberatkan Heracles.

5. Mengerjakan 10 tugas

Jadi, apa yang ditugaskan Peramal di Delphi agar Heracles bisa menebus dirinya? Atas intervensi Hera, Peramal di Delphi menyuruhnya untuk mengabdi ke sepupu sekaligus musuhnya, Eurystheus, selama 10 tahun. Jadi, apa pun yang Eurystheus tugaskan, ia mau tidak mau harus melakukannya.

Memang tidak suka dengan Heracles, Eurystheus memberikan 10 tugas pertama yang sebenarnya mustahil dilakukan oleh manusia (untungnya, Heracles adalah seorang demigod). Nah, 10 tugas pertama tersebut adalah:

  • Membunuh Singa Nemea: Heracles membunuh hingga menguliti Singa Nemea dengan tangannya sendiri. Kulit Singa Nemea yang bak baja ia jadikan baju zirah.
  • Membunuh naga Hydra di Lerna: Dengan pertolongan putra Iphicles sekaligus keponakannya, Iolaus, ia berhasil memenggal kepala Hydra yang terus tumbuh. Darah Hydra yang beracun dijadikan senjata di ujung panahnya.
  • Menangkap Rusa Emas Artemis: Demigod ini harus mengejar rusa tersebut selama satu tahun, dan setelah menjelaskannya pada Dewi Artemis (Ἄρτεμις), ia bisa membawanya ke Eurystheus.
  • Menangkap Babi Erimanthios: Dalam kasus ini, ia memojokkan dan menangkap babi ganas ini dan membawanya ke sang Raja. Eurystheus malah takut dan bersembunyi di gentong perunggu, jadi Heracles melepaskannya.
  • Membersihkan kandang milik Raja Augeus (Αὐγείας): Berisi kotoran ternak yang mematikan, ia mengubah arus sungai Alpheios dan Peneios agar bisa membersihkan kandang tersebut.
  • Membunuh Burung Stymphalia: Dengan bantuan Athena, ia berhasil membunuh burung-burung pemakan manusia ini.
  • Menangkap Banteng Kreta: Heracles menangkap banteng ganas yang merupakan ayah dari Minotaurus (Μινώταυρος) ini dan menggendongnya ke hadapan Eurystheus yang lagi-lagi takut. Jadi, banteng tersebut dilepas ke kota Marathon.
  • Mencuri kuda milik Raja Diomedes (Διομήδης): ia melemparkan Raja Diomedes ke kuda pemakan daging ini. Ia kemudian membungkam mulut para kuda dan membawa mereka ke Eurystheus.
  • Mengambil sabuk Ratu Hippolyta (Ἱππολύτη): berhasil membawa sabuk pemberian Dewa Perang Ares (Ἄρης) ini, tetapi setelah membunuh banyak prajurit Amazon, termasuk Ratu Hippolyta.
  • Mencuri ternak milik raksasa Geryon (Γηρυών): Di jaga oleh anjing berkepala dua Orthrus (Ὄρθρος), ia membunuh Geryon dan Orthrus dan membawa ternaknya ke Raja Eurystheus.

Meski 10 tugas ini telah diselesaikan olehnya, Eurystheus tidak terima. Ini karena Heracles mendapatkan bantuan dari Iolaus saat membunuh Hydra. Ia juga di anggap tamak karena mau membersihkan kandang Raja Augeas setelah mendapat iming-iming imbalan (sepersepuluh ternaknya).

6. Tugas Tambahan Bagi Heracles

Oleh karena itu, Eurystheus membebankan dua tugas tambahan untuknya. Apa saja?

  • Mencuri apel emas Hesperides (Ἑσπερίδες): ia meminta Atlas (Ἄτλας) untuk mengambilkan apel tersebut, sementara ia menanggung langit. Sempat hampir tertipu, Heracles malah berbalik menipu Atlas sehingga ia tak jadi menanggung langit selamanya.
  • Menangkap Cerberus (Κέρβερος): Heracles harus turun ke dunia orang mati untuk membawa Cerberus, anjing berkepala tiga penjaga gerbang dunia orang mati, ke dunia orang hidup. Berhasil menjinakkan Cerberus tanpa senjata (syarat dari Hades/ᾍδης), Ia kemudian membawa Cerberus ke hadapan Eurystheus.

Tugas menangkap Cerberus adalah yang terakhir dan yang paling berbahaya dari semua tugas. Setelah Heracles berhasil membawa Cerberus, Eurystheus mengakui kekuatan Heracles dan membebaskan Heracles dari pengabdiannya. Dengan kata lain, Heracles berhasil menebus dosanya membunuh istri dan anak-anaknya.

Nah, gimana sob? Menarik kan? Eitss, tapi masih ada part 2 nya, lho! Pantengin terus web Zetizen Radar Cirebon untuk kelanjutannya , ya!

Baca juga : Heracles, Demigod Putra Zeus #Part2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.