,

Fakta Unik Kuda Yakut! Kuda Asli Siberia

oleh -233 views
Kuda Yakuy yang tengah mencari rumput bersama kawanan nya

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kuda merupakan hewan mamalia dari genus Equus dan merupakan salah satu hewan peliharaan dan telah memegang peranan penting selama ribuan tahun.  Namun apakah kuda biasa dapat bertahan di suhu yang dingin? Nah jka tidak bisa mungkin kuda Yakut ini solusinya. (tezz)

Asli Siberia

panggilan lain ialah Yakutian, merupakan hewan dari ras kuda yang langka dari wilayah Republik Sakha di Siberia. Hewan ini cukup besar apabila di bandingkan dengan yang serupa seperti kuda mongolia dan kuda przewalski.

Kuda Yakut Mampu beradaptasi di iklim yang ekstrem

Kuda ini di kenal karena mampu beradaptasi dengan iklim yang sangat dingin di Yakutia yang terkenal akan musim dinginnya yang bisa mencapai -70  di Rusia Utara.  Sehingga tidak mungkin bagi manusia untuk berada di luar rumah dalam kurun waktu yang lama. Di khawatirkan dapat terkena Hipotermia  dan itu sangat berbahaya sekali sobat zetizen Namun, suhu ekstrem seperti ini rupanya cukup nyaman untuk menghabiskan siang dan malam di alam terbuka bagi kuda asli wilayah meraka.

Perawakan Kuda Yakut

Kuda Yakut bersama kawanannya

Kuda ini memliki tinggi 140 – 145 Cm dan beratnya bisa mencapai 200 Kg hingga bisa mencapai setengah ton. Lumayan berat juga yah sobat pasti makannya banyak nih.

Lapisan lemak tebal dan surainya yang tebal hingga 10 cm, membuatnya bertahan dalam kondisi ekstrem. Karena perawakannya yang gempal dan surai yang panjang, beberapa orang menyeutnya sebagai mammoth berbulu tapi versi kudanya. Namun, perbandingan itu lebih dari sekadar penampilan saja lho guys.

Baca juga: Fakta Unik Quokka Sang Hewan Paling Bahagia di Dunia

Mampu menyapu salju dan membawa barang berat

Mereka bisa menyapu salju yang tebal dengan menggunakan kukunya, serta kukunya juga berfungsi untuk mencari rumput yang segar meski terkubur di tumpukkan saju.

Kuda Yakutian dikenal mudah bergerak di salju yang dalam. Sebagian besar SUV berada dalam situasi sulit dan dapat mengangkut hingga 300 kilogram kargo. Tidak hanya mereka kuat, mereka juga kuda yang paling tangguh.

Sebagai sumber pangan dan sandang

Kuda ini tidak hanya karena kekuatan dan ketangguhannya, namun bisa sebagai sumber makanan berupa daging dan sandang yaitu kulit dan bulunya sebagai pakaian dan mantel namun kuda yang sudah tua ya.

So, bisa dibilang Kuda Yakut sangat membantu sekali untuk para penduduk sekitar Yakutia ini. Dan itu fakta menarik dari kuda Yakutia, jadi menurut Sobat Zetizen apakah kalian tertarik memilikinya ?

Sumber : wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.