Film Superhero Horor Selain Doctor Strange

oleh -31 views

ZETIZENRADARCIREBON – Pada awal Mei 2022 ini, kita kedatangan film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang menjadi bagian dari semesta MCU. Film ini menjadi proyek pertama MCU dengan genre horor yang terasa sangat kental. Apalagi, film tersebut juga merupakan hasil garapan Sam Raimi, sutradara spesialis genre horor dan selalu menyelipkan elemen horor pada setiap karyanya. Meski begitu, Doctor Strange 2 bukanlah film superhero atau film adaptasi komik pertama yang mengusung genre horor. Pasalnya, sebelumnya sudah ada beberapa film serupa yang menggabungkan film superhero dengan horor. Bahkan, sejumlah film tersebut memiliki rating usia untuk penonton dewasa sehingga kengerian dari elemen horornya jadi jauh lebih terasa. (cva)

1. Darkman

Jauh sebelum terlibat sebagai sutradara Doctor Strange 2, Sam Raimi sebenarnya sudah sempat menggarap film superhero horor, yaitu Darkman. Raimi menggarap Darkman setelah enggak mendapat kepercayaan untuk untuk menjadi sutradara dari film Batman. Untungnya, film yang satu ini mendapat ulasan yang positif dari kritikus karena berhasil menggabungkan superhero dan genre horor.

Darkman berkisah tentang seorang ilmuwan jenius bernama Peyton Westlake (Liam Neeson) yang ingin balas dendam setelah ditinggal mati dengan cara dibakar. Selain karena adegannya yang brutal, tampilan Darkman dengan wajah yang sudah hancur pun menambah kengerian pada film ini. Pada 2022 terungkap bahwa film ini akan memiliki sekuel dengan kembali melibatkan Liam Neeson.

2. Film Superhero Blade

Blade terbilang menjadi film produksi Marvel pertama yang menyisipkan elemen horor. Soalnya, film ini mengisahkan Blade, seorang pemburu vampir yang sangat benci dengan makhluk penghisap darah tersebut karena telah membunuh ibunya. Oleh karena itu, enggak heran kalau nuansa dari film ini sangat mengerikan dan penuh dengan darah, terlebih karena ratingnya yang untuk usia 18 tahun ke atas.

3. Ghost Rider

Ghost Rider berkisah tentang sesosok antihero berkekuatan supernatural yang membasmi kejahatan dengan menggunakan kendaraan ikonisnya yang berwujud motor. Dalam menjalankan aksinya, Ghost Rider pun tak tanggung-tanggun dalam menghabisi para kriminal dan membuat mereka membayar dosa atas berbagai kejahatan.

Sama seperti ConstantineGhost Rider juga mendapatkan sebagai “Film Horor Terbaik” pada ajang Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films terlepas dari ulasan buruk kritikus. Bahkan, Ghost Rider juga tetap mendapatkan sekuel meski lagi-lagi kena hujatan dari penonton serta kritikus.

4. Film Superhero Brightburn

Setelah sukses dengan duologi Guardians of the Galaxy, James Gunn menggarap film superhero terbaru pada 2019 dengan menggabungkan elemen horor. Dengan mengusung judul Brightburn, film ini diangkat dari sebuah perandaian terkait apa yang akan terjadi seandainya Superman bukanlah alien yang baik ketika tiba ke Bumi.

Brightburn berkisah tentang Brandon, anak alien yang terdampar ke Bumi beberapa tahun lalu dan memiliki kekuatan dahsyat layaknya Superman. Namun, ketika beranjak remaja, Brandon kerap mendapatkan perlakuan yang buruk dari orang terdekatnya yang kemudian jadi cikal-bakalnya sebagai villain. Brandon pun balas dendam terhadap orang yang menjahatinya dengan cara yang sangat sadis.

Kengerian dalam Brightburn berhasil hadir dengan cara yang sangat total karena memiliki rating usia untuk 18 tahun ke atas. Makanya, enggak heran kalau Brightburn berhasil mendapat nominasi pada ajang Golden Trailer Awards sebagai “Film Horor Terbaik”.

5. The New Mutants (2020)

Sejak trailernya rilis, The New Mutants memang sudah tampak memiliki nuansa horor dalam filmnya. Hal ini terjadi karena berbagai fenomena pada film ini terjadi akibat kekuatan dari Danielle Moonstar, mutan yang bisa menciptakan ilusi dari ketakutan seseorang. Berbagai villain yang muncul pada The New Mutants juga memiliki wujud mengerikan dan bisa bikin penonton mimpi buruk.

Josh Boone selaku sutradara The New Mutants kabarnya memang telah berniat menyelipkan elemen horor ketika mendapat kepercayaan untuk menggarap film ini. Bahkan, Boone kabarnya mengambil inspirasi dari beberapa film horor ternama saat menggarap The New Mutants, seperti One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975), The Shining (1980) dan A Nightmare on Elm Street: Dream Warriors (1987).

Nah, itulah sejumlah film superhero bergenre horor selain Doctor Strange 2. Dari sejumlah film tersebut, manakah yang menjadi favorit kamu? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *