Filosofi Dokkodo! Prinsip Hidup dengan Kesadaran

oleh -128 views
filosofi dokkodo

ZETIZEN RADAR IREBON – Hai, Sobat! Apa kalian masih suka overthinking di saat malam hari atau di saat sendirian? Memikirkan kedepannya akan seperti apa dan lain sebagainya. Di sini kita aka belajar tentang filosofi dokkodo.

Setiap dari kita pasti memiliki masalah yang berbeda-beda, tapi apa cara kita untuk menanganinya? Dalam prinsip hidup yang akan kita bahas ini mengajarkan kita untuk tetap sadar dalam hidup. Artinya kita akan di arahkan untuk mengatasi masalah kita dengan solusi terbaik.

Pencetus: Miyamoto Mushashi

Filosofi dokkodo di perkenalkan oleh Miyamoto Musashi. Ia adalah samurai nomor satu di Jepang yang memenangkan duel pertamanya di usia 13 tahun.

 Ia tercatat telah memenangkan 61 kali pertempuran semasa hidupnya. Kemenangannya tersebut ngga terlepas dari keahliannya dalam mengatur konsentrasi ketika berduel.

Ia di perkirakan meninggal pada tahun 1645. Tapi, kepergiannya meninggalkan beberapa catatan yang di buat berdasarkan cerita hidupnya. Dokumen dokkodo sendiri masih ada hingga hari ini di Museum Seni Prefektur di Kumamoto.

Dalam catatannya, terdapat 21 ajaran dokkodo yang mayoritas mengajarkan tentang cara menjalani hidup dengan penuh kesadaran. Misalnya dengan melihat Musashi yang meskipun hidup dengan penuh ancaman, tapi ia tetap tenang karena memiliki persiapan atas segalanya.

Baca juga: Mengenal Filosofi Kaizen, Sedikit Tapi Konsisten!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.