Ini yang Terjadi dalam Tubuh saat Alami Rasa Takut

oleh -39 views
rasa takut

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu terbayangkan kenapa kita merasakan takut? Dari mada datangnya rasa takut? Apa fungsinya? Dan bagaimana cara menguranginya? Di artikel ini, kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan itu.

Bentuk Antisipasi

Rasa takut adalah bentuk antisipasi terhadap ancaman yang muncul. Misalnya saat kita mendengar bunyi benda terjatuh di depan rumah yang lagi sepi, kita akan menerka-nerka sembari waspada akan suara tersebut. Apakah suara tersebut berasal dari pencuri, hantu, atau kucing.

Sinyal Rasa Takut

Saraf di telinga yang mengirimkan suara merupakan bagian pertama dari beberapa sistem saraf yang terlibat dalam proses mengelolanya tadi. Sinyal rasa cemas dan takut kemudian dikirim ke bagian otak yang bernama talamus dan amigdala.

Reaksi Takut

Amigdala akan melepaskan senyawa neurotransmitter yang disebut dengan glutamat. Inilah senyawa kimia di balik rasa takut yang sering terjadi. Kemudian ada respons yang datang dari bagian otak bernama periaqueductal gray.

Ini adalah bagian otak yang mengatur dua bentuk reaksinya seperti melompat atau merinding. Lalu, bagian hipotalamus bertugas untuk mengatur reaksi perlawanan yang kemudian dapat meningkatkan detak jantung.

Hal ini juga membuat tubuh melepaskan glukosa yang siap dialirkan ke darah. Itu berguna untuk memberi kekuatan bagi kita untuk berlari jika diperlukan.

Reaksi rasa takut yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda, sesuai dengan tingkat ketakutannya. Ada yang hanya menutup mata atau menutup telinga, ada juga yang sampai berlari.

Baca juga: 4 Respon Emosional saat Menghadapi Ketakutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.