,

Kailan, Sayuran Dari Keluarga Kol Kaya Manfaat!

oleh -182 views
Kailan yang sudah siap diolah menjadi masakan enak

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Kailan merupakan sayuran yang berdaun tebal, datar, mengkilap, berwarna hijau, dengan batang tebal dan sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil hampir vestigial mirip dengan bunga pada brokoli. (tezz)

Kailan termasuk dalam keluarga Kol dikarena kan kailan termasuk dalam kelompok alboglabra (dari bahasa Latin albus “putih” dan glabrus “tidak berbulu”). Salah satu kultivar yang termasuk dalam spesies yang sama dengan brokoli dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea. Saat berbunga, bunga putihnya menyerupai sepupunya Matthiola incana atau Hoary Stock.  

Olahan dari sayuran Kailan

Sayuran yang satu ini sering di gunakan dalam masakan Tionghoa, dan terutama dalam masakan Kanton. Sayur ini lazim di tumis dengan bumbu jahe dan bawang putih, atau di rebus dan cukup di hidangkan dengan saus tiram dengan bawang putih saja rasanya sudah enak. Sayuran ini juga di olah sama halnya di negara seperti Vietnam, Burma, dan Thailand.

Daun maupun batang kailan dapat dimakan, biasanya dipotong-potong kecil sebelum dimasak. Rasanya sangat mirip dengan brokoli, tetapi sedikit lebih pahit, dan juga terasa lebih kuat dari brokoli.

Kailan secara morfologi

Tanaman Kailan sendiri terbilang berjenis akar tunggang. Dimana akar ini akan menembus sampai dengan kedalaman 20 – 30 cm. Meski begitu tanaman ini memang merupakan jenis tanaman musiman. Jadi, tidak bisa semua musim tanaman tersebut bisa tumbuh dengan sempurna sesuai dengan keinginan.

Batangnya mengandung banyak air atau nama latinnya adalah herbaceous. Tanaman ini juga mempunyai tangkai daun yang cukup banyak meski tidak terlalu panjang.

Daunnya berbentuk spiral, cenderung tersusun secara rapih, namun masih tumpang tindih. Tidak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa susunan demikian seperti bentuk kelapa longgar.

Bunga dari tanaman Kailan ini umumnya ada 2 jenis warna. Ada yang berwarna kuning, namun ada juga yang berwarna putih. Bunga dari tanaman Kailan memiliki ciri khas dalam bentuknya.

Manfaat Kailan

Mengurangi Kolesterol

Kandungan vitamin K dan serat dalam sayur ini dapat mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi resiko penyumbatan pembulu darah. Oleh karena itu, jenis sayuran ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke akibat timbunan lemak dalam darah.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan asam lemak omega 3 dalam sayuran ini mencegah terjadinya kerusakan otak atau gangguan otak. Kandungan vitamin K dan asam lemak omega 3 ini berfungsi untuk memelihara kesehatan otak Anda dan mencegah virus untuk masuk ke otak.

Mencegah pembentukan sel kanker

Zat hijau atau klorofil pada sayur kailan memiliki peranan sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko kanker.

Menurunkan Kadar Kencing Manis

sayur kailan juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan dalam darah. Sebaiknya, dikonsumsi secara rutin dan hindari merebus kailan dalam air terlalu lama, karena akan mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Membantu Kesehatan Mata

Selain vitamin K, sayuran yang satu ini juga mengandung vitamin A dan Luthein yang baik bagi kesehatan mata, khususnya mencegah dan memelihara mata akibat kemungkinan terjadinya kerusakan retina mata akibat efek sinar ultraviolet.

Sumber : wikipedia & agrotek.id

Baca juga: Tomat itu Buah atau Sayuran? Berikut Jawabannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.