,

Kisah Seorang Seniman Shodo Yang Tinggal Di Pulau Terpencil, Sinopsis Barakamon (2014)

oleh -158 views
Seniman Shodo yang pergi ke pulau terpencil

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seniman merupakan seseorang yang mahir dalam bidang seni, baik satu atau lebih bidang patung atau melukis. Salah satunya dibidang kaligrafi Jepang yaitu Shodo. (tezz)

Pengertian Shodo

Shodo adalah seni menulis huruf secara artistik di atas kertas  menggunakan kuas dan tinta. Meskipun berasal dari China/Tiongkok, shodo Jepang juga menggunakan kana, yang merupakan bentuk kanji yang di sederhanakan. Awalnya, shodo hanyalah kegiatan menulis, tetapi seiring waktu shodo  menjadi sebuah bentuk seni.

Pada abad ke-6 dan ke-7, shodo di anggap sebagai pendidikan  wajib bagi kaum bangsawan dan samurai. Tidak seperti dulu, shodo sekarang menjadi aktivitas yang bisa di lakukan siapa saja. Lebih dari sekedar bentuk seni, shodo juga di gunakan untuk menulis kartu ucapan Tahun Baru.

Bicara soal Shodo, pada kesempatan kali ini akan membahas sebuah Anime yang berkaitan dengan Seni Kaligrafi Shodo yang berjudul Barakamon. Yuk, simak pembahasannya.

Baca juga: Kisah Keseharian Para Pegawai Absurd Di Restoran Keluarga, Sinopsis “Working!!” (2010)

Barakamon merupakan Anime bergenre comedy dan slice of life yang di angkat dari seri manga yang dikarangi dan diilustrasikan oleh Satsuki Yoshino. Digarap oleh Studio Kinema Citrus pada tahun 2014 dengan total 12 episode.

Sinopsis Anime Barakamon

Menceritakan tentang perjalanan hidup Seishuu Handa, seorang seniman berusia 23 tahun yang mencurahkan hidupnya untuk seni kaligrafi Shodo. Singkat cerita pada saat mengikuti perlombaan Shodo.

Handa Sei, seorang Seniman Shodo

Karya dia di kritik oleh salah satu kurator membosankan bahwa karya dia terlalu sesuai dengan buku contoh alias hanya mengkopi saja. Mendengar perkataan dia, bahwa hasil kaligrafinya hasil jiplak, Sei yang temperamental memukul kurator tersebut di depan juri dan para penonton lainnya.

Setelah kejadian tersebut, Ayah Sei menghukumnya dan mengirimnya ke pulau kecil terpencil bernama Goto untuk menenangkan hati dan pikiran dia. Di sini, tentu saja, Sei harus beradaptasi dengan kehidupan desa,  jauh dari kenyamanan dan modernitas yang di alaminya di Tokyo.

Sekarang Sei harus berusaha menemukan inspirasi baru dan mengembangkan gaya seninya yang unik. Namun tidak segitu mudahnya, sebab dia terus di ganggu oleh beberapa anak-anak yang tinggal di pulau tersebut dan paling bandel di antaranya seorang gadis kecil yang bernama Naru.

Naru, gadis kecil yang sering mengganggu Sei dalam membuat Shodo

Namun di samping itu juga, Sei belajar bahwa  menjadi seorang seniman itu tidak boleh menjadi arogan serta mendapatkan banyak pelajaran yang ia dapatkan di pulau tersebut.

Opening dan Karakter Dalam Anime Barakamon

Source: YouTube | Sakuragi Channel

Openingnya sendiri d ibawakan oleh group band asal Jepang yaitu SUPER BEAVER yang berjudul “Rashisa”. Untuk karakter dan seiyu yang terlibat dalam anime tersebut di antaranya:

Ono Daisuke sebagai Sei

Hara Suzuko sebagai Naru

Furuki Nozomi sebagai Miwa

Endou Rina Sebagai Hina

Ookubo Rumi sebagai Tamako

Takamori Yoshino sebagai Emi (Ibu Sei)

Uchiyama Kouki sebagai Hiroshi

Suwabe Junichi sebagai Takao

Tachiki Fumihiko sebagai Kazuyuki

Kimura Seiya sebagai Kentarou

Sumber: myanimelist.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.