Mitologi Romawi Paling Terkenal

oleh -40 views

ZETIZENRADARCIREBON – Pernah menduduki Yunani Kuno, peradaban Romawi mengambil beberapa aspek kebudayaan, dan salah satunya adalah mitologi. Bukan rahasia kalau mitologi Romawi Kuno menyadur dari mitologi Yunani Kuno, dan mengalami perubahan nama dan cerita sedikit. Kalau begitu, apakah mitologi Romawi Kuno sama menegangkannya dengan Yunani Kuno? Sama! Akan tetapi, inilah yang membuat mitologi Romawi Kuno tetap di kenang dunia sepanjang masa. Inilah 6 kisah terkenal dari mitologi Romawi Kuno yang terus di ceritakan oleh dunia. (cva)

1. Mitologi Romawi Kuno Aeneas

Sering Diceritakan, 6 Kisah Terkenal di Mitologi Romawi

Diceritakan dalam epos Aeneid, ini adalah kisah mengenai leluhur Romulus dan Remus yang berhubungan dengan mitologi Yunani. Pada masa Perang Troya, sepupu Raja Priam dari Troya bernama Aeneas tak terbunuh saat jatuhnya Troya. Dengan kelompoknya yang bernama Aenead, Aeneas kabur dari Troya.

Terombang-ambing selama 6 tahun di laut, Aeneas dan kawan-kawan sampai di Kartago (Tunisia masa kini). Saat itu, Aeneas berhubungan dengan Ratu Kartago, Dido, dan mereka hampir jadi pasutri untuk memerintah Kartago bersama. Akan tetapi, atas perintah Dewa Merkurius, Aeneas kabur dari Kartago.

Murka atas kepergian Aeneas, Dido bersumpah bahwa Kartago dan kota yang Aeneas bangun serta keturunannya (Roma) akan terus berseteru, sebuah sumpah yang konon menyebabkan Perang Punisia. Setelah itu, Dido bunuh diri dengan pedang yang Aeneas berikan kepadanya saat pertama bertemu.

Aeneas dan para Aenead kemudian sampai di Italia. Kemudian, Aeneas wafat dan turun ke dunia orang mati. Di sana, ia mendapatkan pewahyuan dari arwah ayahnya bahwa suatu saat keturunannya akan mendirikan kota baru di Italia.https://b5046c9a091b36f9bd26af8a67ba03e8.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

2. Mitologi Romawi Romulus dan Remus

Sering Diceritakan, 6 Kisah Terkenal di Mitologi RomawiIlustrasi Romulus dan Remus menyusui dengan serigala betina di tepi sungai. (commons.wikimedia.org/Justus van Egmont)

Inilah kisah mengenai berdirinya kota Roma. Satu hari di Alba Longa, lahirlah dua putra bernama Romulus dan Remus. Sang ibu, Rhea Silvia, adalah putri dari raja Alba Longa sebelumnya, Numitor, yang dimakzulkan oleh Amulius. Melihat kedua bayi sebagai ancaman, Amulius ingin Romulus dan Remus segera mati.

Jadi, Rhea membuang kedua putranya ke Sungai Tiber. Dewa Sungai Tiber, Tiberinus, menyelamatkan Romulus dan Remus. Kedua bayi kemudian menyusu pada serigala betina di Gua Lupercal, kejadian yang sering digambarkan masa kini (salah satunya jadi lambang tim AS Roma).

Singkat cerita, Romulus dan Remus tumbuh besar dan bermaksud untuk mengambil alih Alba Longa. Namun, Remus ditangkap oleh Amulius. Romulus kemudian mengetahui asal-usulnya dari Numitor. Bekerja sama, Romulus dan Numitor berhasil membebaskan Remus, membunuh Amulius, dan mengembalikan kuasa ke Numitor.

Romulus dan Remus kemudian pergi untuk mendirikan kota baru. Karena berselisih pendapat, mereka menyelesaikannya dengan cara auspicium. Meski Romulus menang, Remus tetap menghina kota yang telah Romulus bangun. Akhirnya, Remus dibunuh (entah oleh Romulus atau pengikut Romulus) dan Romulus terus membangun Roma.

3. Penculikan para perempuan Sabine

Sering Diceritakan, 6 Kisah Terkenal di Mitologi Romawilukisan laki-laki Roma mengambil perempuan Sabine, Peter Paul Rubens (wikimedia.org)

Setelah berdirinya Roma, Romulus khawatir karena sebagian besar penduduk Roma adalah laki-laki sehingga dibutuhkan perempuan untuk meneruskan keturunan. Akan tetapi, usaha Romulus tak berhasil untuk membujuk para perempuan di sekeliling kota Roma, termasuk bangsa Sabine.

Jadi, Romulus berpura-pura mengadakan pesta besar di Roma. Semua suku di sekeliling Roma, termasuk Sabine, hadir di pesta tersebut. Di tengah pesta, para laki-laki Romawi mengambil perempuan Sabine sementara yang lain memerangi laki-laki Sabine. Total, ada 30 perempuan Sabine yang di ambil oleh Roma.

Marah akan kejadian tersebut, Raja Sabine, Titus Tatius, mengumandangkan perang terhadap Roma dan mereka sebenarnya hampir berhasil merebut kota tersebut. Namun, Romulus dan rakyatnya berhasil memukul mundur Titus. Bangsa Sabine akhirnya berpadu dengan Roma.

4. Legenda Lucretia

Sering Diceritakan, 6 Kisah Terkenal di Mitologi Romawi

Lucreatia adalah istri dari Lucius Tarquinius Collatinus, seorang konsul Romawi. Suatu hari, kediamannya menerima Sextus Tarquinius, anak dari Raja Romawi terakhir Lucius Tarquinius Superbus. Tak disangka, Sextus malah memerkosa Lucretia. Akibat kejadian tersebut, Lucreatia memutuskan untuk bunuh diri.

Tak tinggal diam, Lucius bersama sahabatnya sekaligus keponakan Raja Romawi, Lucius Junius Brutus, memberitahukan kejadian ini pada rakyat. Ternyata, rakyat Romawi pun tak tahan dengan pemerintahan Superbus. Alhasil, rakyat lebih mendukung Brutus dan Lucius untuk membentuk republik serta mengakhiri pemerintahan monarki Romawi.

5. Kepahlawanan Scaevola

Sering Diceritakan, 6 Kisah Terkenal di Mitologi Romawi

Superbus kemudian ingin mengambil kembali kekuasaan di Roma. Salah satunya adalah meminta bantuan dari Raja Clusium di Etruria, Lars Porsena. Jadi, Lars dan pasukannya mengepung kota Roma. Salah satu prajurit muda Romawi, Gaius Mucius Cordus, mendapat amanat untuk membunuh Lars.

Sayangnya, Gaius gagal membunuh Lars dan malah tertangkap. Harusnya, hukumannya adalah mati, kan? Ternyata, di hadapan Lars, Gaius memperkenalkan dirinya sebagai orang pertama dari 300 pemuda Romawi yang mau mengambil tugas membunuh Lars seraya menyerukan hal ini,

Saya Gaius Mucius, rakyat Romawi. Saya ke sini sebagai musuh untuk membunuh musuh Roma dan saya siap untuk mati seperti saya siap untuk membunuh. Kami, rakyat Romawi, bertindak berani dan saat musuh menyerang, kami siap menderita!

Lalu, Gaius memasukkan tangan kanannya ke api dan bak tak merasakan sakit. Terkesan dengan keberanian Gaius, Lars melepaskannya dan keesokan harinya, mengirim utusan untuk berdamai dengan Roma. Karena keberaniannya, Gaius juga dijuluki Scaevola yang berarti “Tangan Kiri”.

6. Keberanian Cloelia

Sering Diceritakan, 6 Kisah Terkenal di Mitologi Romawi

Karena keberanian Gaius, Clusium memutuskan untuk bernegosiasi damai dengan Roma. Sebagai bagian dari perjanjian, Raja Lars diperbolehkan mengambil beberapa sandera, dan salah satunya adalah perempuan bernama Cloelia. 

Tak tinggal diam, Cloesia memimpin sekelompok gadis Roma untuk kabur dari Raja Lars. Cloesia menunggangi kuda dan berenang melintasi Sungai Tiber untuk bisa mengantar para gadis selamat ke Roma. Kejadian ini justru membuat Raja Lars terkagum dan menganggap tindakan Cloesia sebagai sebuah keberanian.

Lars memanggil kembali Cloesia dan memberikannya hak untuk membebaskan tawanan. Cloesia memilih para pemuda Romawi. Untuk mengenang keberaniannya, patung Cloesia yang menunggang kuda didirikan di Via Sacra, Roma.

Itulah beberapa kisah menarik dari mitologi Romawi Kuno. Dari kisah-kisah di atas, mana yang menurutmu paling menarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *