Sea Urchin, Berduri Namun Sangat Mahal

oleh -187 views
Sea Urchin, hewan yang berduri tetapi enak jika dimakan

ZETIZEN RADAR CIREBONSobat Zetizen pernah mendengar hewan laut Sea urchin atau Bulu Babi pernah melihatnya secara langsung? Yah, kelihatannya menyeramkan dan penuh dengan duri. Namun, sobat apakah tahu jika hewan yang satu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasaran dan mempunyai manfaat bagi tubuh lho, mau tahu? Yuk, pertma kenali terlebih dahulu hewan yang satu ini. (tezz)

Apa itu Sea Urchin?

Sea Urchin atau Landak laut merupakan merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat di gerakkan. Hewan ini terbagi menjadi sekitar 950 spesies yang tersebar di seluruh benua.

Habitat Sea Urchin

Bulu babi (Echinoidea) termasuk dalam filum Echinodermata yang tersebar luas di sepanjang kawasan Indo Pasifik Barat, yaitu dari pantai timur Benua Afrika sampai ke Hawaii dan dari daerah Jepang Selatan sampai ke Great Barrier Reef di Australia. Bulu babi umumnya di temukan pada kedalaman hingga 10 – 5.000 meter.

Hewan ini memiliki bentuk cangkang beraturan, berduri panjang, hidup berkelompok, dan Hewan ini mulai dapat di temukan dari daerah pasang surut,  terkadang bersembunyi di lubang dan celah-celah terumbu karang.

Memiliki peranan yang menguntungkan dan merugikan dalam ekosistem laut

Bulu Babi berperan sebagai pemakan detritus dan predator dalam rantai makanan. Selain itu, densitas populasi bulu babi yang tidak berlebih dalam suatu ekosistem memiliki peran dalam mencegah terjadinya pertumbuhan makroalga yang berlebih dengan cara mengonsumsi alga tersebut dan “menyediakan” ruang untuk pertumbuhan karang yang baru.

Tetapi, densitas populasi bulu babi yang mendominasi ekosistem menyebabkan dampak negatif bagi populasi karang. Bahwa bulu babi berpotensi dalam memangsa karang hidup (corallivory) sehingga akhirnya menyebabkan kerusakan terumbu karang menurut Penelitian terbaru yang di lakukan oleh Qiu dkk di  tahun 2013.

Mempunyai racun pada durinya

Duri-duri rambut bulu babi dapat di gerakkan, tajam, dan beracun. Racunnya ada di ujung durinya yang lancip, yang fungsinya adalah untuk mempertahankan diri sekaligus melumpuhkan musuh. efek samping terkena bulu babi berbagai macam seperti :

  1. Menyebabkan bentol kemerahan di kulit
  2. Gatal, semakin parah pada kulit sensitif
  3. Perih
  4. Area yang tertusuk menjadi kaku dan sulit digerakkan
  5. Lemas
  6. Nyeri otot dan ;
  7. Pada kasus yang parah, penderita bisa alami mengalami gagal napas

Olahan yang sangat lezat dan Mahal

Di balik cangkang dan durinya yang tajam, bulu babi menyimpan gonad bercita rasa lezat dan harganya pun cukup mahal. Gonad bulu babi berwarna kuning cerah, rasa dan teksturnya lembut seperti mentega dan mempunyai nilai gizi yang tinggi.

Lalu, bulu babi juga bisa membantu menghilangkan racun, obat-obatan, logam berat, dan zat-zat yang berbahaya di dalam tubuh.

Bulu babi dikonsumsi sebagai sumber protein oleh orang Alaska, nelayan di Atlantika Utara hingga Selandia baru. Di Jepang, gonad bulu babi di sebut juga dengan uni yaitu bahan untuk sajian sushi dan sashimi.

Memiliki bentuk yang kecil, namun tak disangka hewan yang satu ini memiliki nilai jual yang tinggi di pasaram, harga bulu babi kualitas bagus terbilang mahal. Sekitar 450gram bulu babi harganya Rp 40.000 dan jika di olah harganya bisa sampai ratusan ribuan.

Sumber : kompas.com & kompasiana.com

Baca juga : Sugar Glider, Hewan Kecil Yang Menggemaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.