Tips untuk memilih Hardisk Eksternal

oleh -33 views
Tips Hardisk

ZETIZEN RADAR CIREBON– Ketika hard disk laptop atau komputer kita penuh, itu adalah waktu yang tepat untuk kita membeli HArdisk eksternal. Sekarang ini ada banyak pilihan hard disk eksternal yang bisa kita pilih, mulai dari kapasitas 500 GB, 1 TB sampai 2 TB.

Banyak nya produk hardisk yang bertebaran di luar sana mungkin membuat kalian bingung untuk memilih yang mana. Banyak faktor yang menentukan hardisk iotu bagus atau jelek, Begini cara membedakanya.

Source : Tedas.id

Pilih Kapasitas Hardisk sesuai kebutuhan

Kapasitas ruang penyimpanan adalah hal pertama yang jadi pertimbangan ketika akan membeli hard disk. Di pasaran, hard disk eksternal umumnya tersedia mulai dari 500 GB, 1 TB sampai 2 TB. Harganya pun menyesuaikan dengan kapasitasnya. Rata-rata hard disk 500 GB berkisar antara Rp600 ribu sampai Rp700 ribu.

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda , namun jika kebutuhan kalian untuk menyimpan data dengan format document saja hardsik dengan kapasitan 500 GB pun sudah bisa diandalkan.

Kecepatan Rotasi Hardisk

Banyak yang belum tau mengenai hal ini . Hard disk memiliki sesuatu yang disebut dengan revolusi per menit (RPM). Angkanya berkisar antara 4200, 5400, 7200 hingga 10.000 RPM. Semakin cepat RPM, maka semakin cepat pula hard disk akan memproses data yang ada di dalamnya, terang laman Dignited.

Biasanya Hard disk yang di jual kepasaran memiliki kecepatan 5400 RPM. Dengan kecepatan segitu sudah cukup untuk pengguna kantoran. Namun jika kita seorang Gamers dan Designer Grafis , ada baik nya memilih hard disk dengan kecepatan 10.000 RPM.

Kecepatan Hardisk Untuk Transfer File

Kecepatan transfer data juga sangat penting untuk diperhatikan. Kebanyakan hard disk eksternal memiliki kecepatan transfer data yang berkisar antara 100-200 MB/s. Apabila kecepatannya lebih rendah dari itu, maka akan semakin lambat hard disk itu berjalan. Kecepatan ini bisa terdeteksi ketika kita mentransfer file dari dan ke hard disk dengan cara copy dan paste. 

Baca Juga : Bye No Life! 7 Trik Jitu Kenalan sama Orang Baru

Baca Juga : Rekomendasi Hardisk 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *