WhatsApp Anxiety, Notif WhatsApp Jadi Prioritas

oleh -57 views
WhatsApp Anxiety

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanpa di sadari media sosial membuat kita lebih sensitif akan segala hal. Mungkin itu bukan hal yang buruk karena kita lebih dapat menghargai perasaan orang lain. Tapi di sisi lain, hal ini dapatmenyebabkan WhatsApp anxiety.

Pada dasarnya, WhatsApp anxiety adalah kondisi di mana kamu merasa kecemasan yang berlebih saat mendengar notifikasi WhatsApp di handphone-mu. Nah, apa sih penyebabnya?

1. Anggapan bahwa membaca berarti membalas saat itu juga

Menurut Elias Aboujaoude, seorang psikiater di Stanford University, salah satu alasan WhatsApp dapat menimbulkan stres adalah karena adanya anggapan bahwa membaca pesan berarti membalasnya saat itu juga.

Bersamaan dengan ini, rasa bersalah akan muncul ketika kita telat membalas pesan. Rasanya seperti kita telah melanggar peraturan nggak tertulis dalam berkomunikasi secara online.

2. Ketidakmampuan melihat reaksi penerima

Peraturan yang nggak tertulis ini bukan cuma menimbulkan rasa bersalah bagi penerima pesan, tapi juga rasa takut dan cemas bagi pengirimnya.

Saat dua centang biru telah terpampang di laman obrolan tanpa balasan, asumsi-asumsi negatif kerap muncul. Kamu mungkin akan menerka-nerka seperti:

“mengapa pesanku nggak dibalas?”

“Apakah aku sedang diabaikan?”

“Apa aku benar-benar nggak penting sampai pesanku cuma dibaca?”

Baca juga: Ketahui Bahaya dari Suka Curhat di Media Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.