Ashitaba, Seledri Jepang Yang Kaya Manfaat

oleh -147 views
Ashitaba tanaman yang bisa buat kita panjang umur

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sobat Zetizen pernah dengar daun Ashitaba? Jika perlu pernah dengar berarti kalian harus taun daun yang satu ini, sebab bisa membuat panjang umur kalian lho sob! (tezz)

Ashitaba merupakan spesies tanaman berbunga dalam keluarga wortel dan merupakan tanaman asli Jepang, tepatnya di tepatnya Hachi Jo Island yang berarti pulau panjang umur.

Persebaran Tanaman Ashitaba

Memiliki nama latin Angelica Keiskei juga bisa di temukan di semenanjung Bōsō, Semenanjung Miura, Semenanjung Izu, dan Kepulauan Izu. Dan spesies ini telah banyak di budidayakan di luar jangkauan alamnya termasuk di Indonesia yaitu di daerah Mojokerto, Jawa Timur.

Morfologi Tanaman Ashitaba

Bentuk daun ini mirip dengan daun seledri, sehingga daun ini lebih dikenal dengan sebutan seledri Jepang. Usia daunnya bisa mencapai 15 tahun dan bisa tumbuh sampai 2-3 meter.

Menanam Tanaman yang satu ini

menanam tanaman yang satu ini bisa di dalam kebun herbal, pot bunga, dan halaman belakang. Hal ini disebabkan kondisi sederhana untuk budidaya dan cepat tingkat pertumbuhan.

Ashibata adalah tanaman tahan dingin, dengan suhu optimal berkisar antara 12 dan 22 °C. Pemanenan daun pada sore hari sering menghasilkan bibit baru yang tumbuh dalam semalam, yang terlihat pagi hari berikutnya.

Manfaat Ashitaba

Bagus untuk rambut

Seledri jepang dikenal sangat baik digunakan untuk kesehatan  dan merangsang pertumbuhan rambut karena, memiliki banyak kandungan vitamin E. Selain itu juga dapat menyehatkan kulit kepala sehingga mencegah kerontokan.

Sebagai antioksidan alami

Kandungan antioksidan yang sangat kaya di dalam daunnya, menjadikan tanaman ini mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.

Meningkatkan daya Imun

Daunnya dipercaya mampu meningkatkan sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit berkat kandungan anti oksidan yang terkandung di dalamnya.

Sebagai anti kanker

Zat aktif berupa Xanthoangelol dan 4-hydroxyderricin yang terkandung dalam Chalcones yang terdapat pada batang dan daun ashitaba terkenal sangat ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam daun ashitaba didapuk mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah penumpukan zat sisa-sisa dalam tubuh. Selain itu tanaman ini juga mampu membakar lemak dengan cara meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Namun tidak lupa juga harus di sertai dengan pola makan yang baik.

Kesehatan mata

Seledri Jepang ini kaya akan vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A bermanfaat mempertajam penglihatan serta menghindarkannya dari kerusakan.

Sumber: wikipedia & popmama.com

Baca juga: Kailan, Sayuran Dari Keluarga Kol Kaya Manfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.