Blue-Ringed Octopus, Si Gurita Cincin Biru Yang Mematikan

oleh -206 views
Blue-Ringed Octopu spesies gurita beracun

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gurita, siapa sih sobat yang nggak tahu dengan hewan yang mempunyai tentakel dan bisa di makan sebagai hidangan Sashimi, nah terkecuali jenis gurita yang bernama Blue-ringed Octopus atau Gurita Cincin biru, spesies yang satu ini katanya berbahaya lho sob, mengapa bisa berbahaya? Yuk, simak penjelasannya. (tezz)

Alasan Dinamakan “Blue-ringed”

Memiliki nama latin Hepalochlaena maculosa ini merupakan salah satu jenis gurita menarik yang diketahui oleh manusia. Di namakan “cincin biru” sebab di sekujur tubuhnya memiliki pola totol-totol yang menyerupai cincin berwarna biru dari spesies gurita lain.

Karena pewarnaan yang unik dan memiliki warna biru yang seperti batu kobalt biru. Gurita yang satu ini menjadi salah satu hewan laut yan menarik & dan indah serta di abadikan oleh penyelam.

Asal Blue-ringed octopus

Gurita satu ini berasal dari Samudera Pasifik di Australia dari sisi selatan hingga ke daerah Victori. Hewab satu ini berada di perairan hangat, dan bisa di temukan pada kedalaman 0 sampai 50 meter

Mempunyai racun pada tubuhnya

Meskipun Gurita yang satu ini menarik untuk di lihat namun, kalian jangan tertipu dengan penampilanya yang indah sebab, gurita ini salah satu hewan yang paling berbahaya bagi makhluk laut lain dan juga manusia.

Perlu di ketahui nih sobat pada dasarnya semua gurita bisa menghasilkan racun. Racun tersebut sebenarnya adalah air liur yang fungsi utamanya mirip seperti racun laba-laba, yaitu untuk melelehka jaringan tubuh mangsanya sehingga bisa “di minum”. Pada Blue-ringed octopus racun yang ia miliki cukup kuat untuk membunuh beberapa orang dewasa dalam hitungan beberapa menit.

Racun Blue-ringed octopus sendiri berasal dari bakteri beracun yang menghuni kelenjar air liur dari gurita yang bersangkutan dan bakteri ini bisa sobat temukan pada ikan buntal, katak badut Amerika dan jenis bintang laut beracun. So, buat sobat jangan coba untuk berinteraksi langsung dengan tangan kosong ataupun mendekati hewab ini terlalu dekat, meski hewan ini mempunyai ukuran paling tidaknya 20cm.

Sumber : idntimes.com & re-tawon.com

Baca juga : Paus Biru, Hewan yang Paling Besar di Dunia

Dan baca juga : Sea Urchin, Berduri Namun Sangat Mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.