Cantik tapi Mematikan! 5 Kristal yang Berbahaya

oleh -13 views
cantik
Raw violet amethyst rock with reflection on natural wood macro crystal ametist esoteric

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belum tentu yang terlihat cantik di luar, juga beauty inside. Bisa saja luarnya saja yang cantik tapi menyimpan bahaya yang mematikan. Seperti 5 kristal cantik di bawah ini yang menyimpan taringnya yang membuat manusia bahaya hingga mati.

1.      Cinnabar

Arti dari cinnabar sendiri adalah ‘darah naga’. Kristal yang bernama lain mercury sulfide ini terbentuk di dekat gunung berapi dan memiliki komposisi merkuri yang tinggi. Warna merahnya yang menawan sebenarnya justru menunjukkan betapa berbahayanya kristal cantik ini.

Kristal cinnabar bisa mengeluarkan merkuri yang menyebabkan tremor, tubuh bergetar, mati rasa, dan bahkan kematian jika tidak ditangani dengan benar.

Pada tahun 1700, dikirim untuk bekerja di sebuah pertambangan yang mengandung cinnabar dianggap sama dengan sebuah hukuman mati bagi para pekerja.

2.      Chalcanthite

Kristal cantik berwarna biru ini terdiri atas tembaga, belerang, air, dan unsur lainnya. Meski tembaga tidak berbahaya. Namun jika mengandung tembaga dalam jumlah yang sangat banyak, kristal ini bisa beracun untuk tubuh.

Tembaga dalam chalcanthite bisa larut dalam air, dan jika jumlah tembaga yang larut dalam air cukup banyak kemudian digunakan untuk minum atau menyiram tanaman, maka ini bisa menyebabkan kematian secara perlahan pada tubuh maupun tumbuhan.

Melepaskan sebongkah kristal cantik biru ini ke kolam ganggang sudah terbukti bisa menjadi ancaman lingkungan yang besar.

3.      Torbernite

Torbernite disebut sebagai Kristal dari neraka. Bebatuan berbentuk prisma yang berwarna hijau indah ini terbentuk dari uranium.

Torbernite terbentuk dari reaksi kompleks antara fosfor, tembaga, air, dan uranium. Warnanya yang indah membuat banyak kolektor kristal tergoda untuk mengoleksinya. Namun hati-hati dengan kristal ini.

Jika pembusukan uranium terjadi di dalam, kristal cantik ini akan mengeluarkan gas yang bisa menyebabkan kanker paru-paru secara perlahan.

4.      Arsenopyrite

sebaiknya berhati-hatilah ketika menemui kristal atau bebatuan yang mirip emas, namun debunya mengeluarkan bau yang mirip bawang putih. Itu bukan emas, melainkan arsenopyrite.

Batu berkilau ini mengandung arsenik sulfida yang jika disentuh dan masuk ke tubuh Anda bisa menyebabkan kematian.

Begitu juga jika bebatuan ini dipanaskan. Uap yang muncul dari pemanasan arsenopyrite dan berbau seperti bawang putih yang kuat bisa sangat mematikan, beracun, dan juga bisa memicu kanker.

5.      Galena

Galena adalah bebatuan yang berbentuk kubus perak dan berkilau. Warnanya yang cantik membuat bebatuan ini menggoda. Namun kandungan sulfur dalam galena yang sangat reaktif bisa berbahaya bagi penggunanya. Banyak peneliti yang keracunan ketika meneliti kristal yang satu ini.

Debu timbal pada galena yang tak sengaja terhisap bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian. Tak hanya itu, mineral yang satu ini juga bisa menyebabkan pencemaran lingkungan dan membahayakan kesehatan orang di lingkungan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.