,

Cermai, Buah Masam Dan Mungil Banyak Manfaat

oleh -116 views
Buah cermai yang memiliki rasa asam dan manis

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sobat Zetizen pasti tahu dengan buah yang satu ini. Buah yang satu ini pernah muncul di serial kartun Upin & Ipin  yang dimana Susanti dan Mei mei tengah memetik buah yang kecil dan mencoba memakannya, yang ternyata memiliki rasa yang asam dan manis. Yup, betul sekali buah Cermai. (tezz)

Buah yang bernama latin Phyllanthus acidus ini sering disebut cermai ini merupakan buah dari tanaman perdu atayu pohon kecil yang dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 9 meter dan berbuah sekali.

Memiliki sebutan dari cermai satu ini

Memiliki sebutan ceremai, cereme atau cerme. Buah yang masam ini di kenal pula dengan nama-nama lain seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris di namai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain.

Morfologi Buah Cermai

Tanaman ini memiliki buah berbentuk bulat dengan permukaan berlekuk yang berwarna kuning-putih dan bergantung pada untaian batang pohon.

Kemudian pohonya perdu dengan ketinggian sampai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Sepintas, pohon cerme bukan tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh.

Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Penyebaran buah satu ini

Cermai sendiri diyakini berasal dari Madagaskar. Saat ini, cerm telah menyebar ke berbagai daerah tropis seperti  Asia Tenggara (Vietnam selatan, Laos, Indonesia dan Malaysia utara),  Mauritius, Reunion dan Rodrigues di Samudra Hindia, serta  Guam, Hawaii dan beberapa pulau lain di Samudra Pasifik.

Manfaat buah cermai

Mencegah terjadinya peradangan

Buah cermai mempunyai manfaat untuk mencegah dan membantu meredakan peradangan di dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin E, serta vitamin A di dalam buah cermai.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada buah cermai juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, serat yang berasal dari buah juga dapat membantu mengontrol kadar gula, mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko penyakit kronis lainnya.

Menjaga kesehatan mata

Buah ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A di dalam buah cermai.

Menstabilkan tekanan darah

Buah asam ini terdapat kandungan kalium atau potasium di dalamnya untuk mengatur keseimbangan asupan cairan serta membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Mencegah penuaan dini

Senyawa antioksidan  dalam buah Cermai juga membantu dalam mencegah dan membantu memerangi penuaan dini. Memang, antioksidan dapat melawan stres oksidatif serta kerusakan sel. Selain itu, ada  kandungan lain berupa vitamin C, vitamin E dan fitonutrien.

Fitonutrien yang ditemukan dalam buah Cermai dapat menjaga kesehatan dan melindungi kulit dari efek berbahaya dari paparan sinar matahari.

Menghasilkan energi / tenaga

Kandungan di dalam buah cermai yaitu pantothenic acid atau vitamin B5. yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah serta membantu membuat asupan makanan yang masuk menjadi energi.

Sumber : hellosehat.com

Baca juga : Aprikot, Buah Berwarna Jingga Yang Tak Perlu Diragukan Lagi Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.