Clione, Si Peri Lautan Dalam

oleh -164 views
Clione sang peri lautan dalam yang imut

ZETIZEN  RADAR CIREBON – Mendengar kata “Peri”, sobat pasti terlitas berpikir bahwa peri yang di gambarkan dalam buku dongeng memiliki paras yang cantik, mungil, bersayap dan terang. Yup tepat sesuai dengan hewan yang satu ini, Clione. (tezz)

Clione adalah hewan laut dalam keluarga moluska yaitu invertebrata moluska, hewan ini berukuran kecil dan  transparan.  Mereka mengapung di laut dengan  struktur mengepak seperti sepasang mata, sayap pada tubuh. Inilah sebabnya mengapa mereka di sebut  peri laut.

Mereka sering di sebut kupu-kupu laut telanjang (naked sea butterfly ) atau dikenal sebagai “Sea Angel (Malaikat Laut)”.

Asal muasal Clione

Clione atau Sea Angel merupakan hewan hasil evolusi dari spesies kerang-kerangan yang memiliki tubuh sangat transparan yang tubuhnya hanya dapat mencapai 5 cm saja. Clione memiliki antena di kepalanya sehingga mereka dulu di kenal sebagai pteropod karena mirip dengan siput laut.

Asal dan habitat ditemukannya Clione satu ini

Clione  ditemukan dari permukaan laut hinggal ke laut pada kedalaman lebih dari 500 m (1.600 kaki) pada zona mesopalgik. Mereka tinggal di Samudra Arktik dan daerah dingin di Samudra Atlantik Utara.

Spesies Clione limacina adalah salah satu spesies dari genus Clione yang pertama kali dideskripsikan oleh Friderich Martens pada tahun 1676 dan menjadi “arthropoda” gymnosperma (tanpa cangkang) pertama yang dideskripsikan.

Pergerakan yang unik di

Hewan satu ini memiliki cara gerak yang unik, mereka bergerak melayang di laut seakan mereka terbang dengan mengepakkan sayapnya. Dan, cara mereka mengepakkan sayapnya mirip seperti gerakan sayap pada kupu-kupu.

Makanan hewan satu

Karena hewan yang satu ini tingal di lautan dalam, Sea Angel ini memakan Sea butterfly. Oh iya fyi, meski penampilannya yang imut. Kalian jangan tertipu dengan penampilannya, pada saat menemukan mangsanya yaitu sea butterfly.

Hewan yang satu ini akan berubah wujudnya menjadi sangat menyeramkan di saat mereka melahap mangsanya. Di mana kedua tanduk di kepalanya terbuka dan berubah menjadi tentakel untuk menjerat mangsanya.

Begitu tertangkap, tentakel menarik masuk dan kepalanya menelan bulat-bulat mangsa ke dalam organ yang berwarna oren itu.

Source : YouTube | 新江ノ島水族館公式チャンネル

Sumber : kompasiana.com & kaskus.id

Baca juga : Ular Tikus, Ular Pemangsa Tikus Sahabat Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.