Elang Harpy, Si Burung Predator Pemangsa Monyet

oleh -182 views
Elang Harpy yang terlihat ganas dan menyeramkan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang kita ketahui, burung elang merupakan spesies burung yg istimewa. Mereka memiliki banyak hal yang menakjubkan. Dari mulai penglihatannya, cara dia terbang dan masih banyak hal lagi. Hewan ini pun sering dijadikan sebagai simbol kekuatan, kecepatan & juga simbol negara. Bicara soal elang, ada salah satu elang dengan postur tubuh 2x lebih besar dari elang pada umumnya yaitu Elang Harpy. Hmm..namanya mungkin terdengar unik namun, dia mempunyai banyak keunikan lho sob. Yuk, daripada berbincang lebih lama kita langsung ke pembahasannya. (tezz)

Elang harpy atau juga disebut elang harpy Amerika atau royal hawk merupakan salah satu spesies elang terbesar di dunia dari ordo Accipitriformes.

Memiliki ukuran yang besar

Memiliki nama latin harpia harpyja,  elang satu ini di sebut sebagai elang terbesar karena, memiliki rentangan sayap selebar 2 meter. Dan ukuran mereka yang sangat besar, hampir sama dengan manusia remaja. Elang ini bisa tumbuh dengan ukuran tubuh 89 hingga 105 sentimeter namun, Harpy betina saja yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang jantan.

Tampilan dari Elang Harpy

Burung yang satu ini berwarna abu-abu gelap, memiliki tampilan yang khas dengan bulu di atas kepalanya yang bisa mengembang seperti jambul ketika merasa terancam. Mereka memiliki pendengaran yang sangat tajam, nyaris menyamai burung hantu.

Baca juga : Fakta Unik Musang Leher Kuning, Si Leher Kuning Imut Yang Ganas

Sering memburu monyet atau hewan besar

Karena berukuran besar dan kuat, tak mengheran kalau elang harpy suka memangsa hewan yang juga seukurannya. Mereka kerap memangsa monyet dan kukang. Mereka juga memangsa buruan lebih kecil, seperti landak, tenggiling, iguana, ular, hingga spesies burung lainnya. Setelah mereka makan, mereka bisa bertahan berhari-hari tanpa makan.

Memiliki cakar yang mematikan

Elang harpy dilengkapi kaki kuat dan cakar mematikan. Cakarnya bisa tumbuh sepanjang 5 inci atau sekitar 12 sentimeter. Cakarnya seukuran cutter dan mampu mengoyak sebuah daging.

Kaki dan cakar mematikan ini membuat mereka mampu menyambar mangsa, seperti kungkang dari batang pohon dan membawanya terbang ke tempat bertengger terdekat untuk menyantapnya.

Hewan monogami

Yup, meski predator terbesar dan menyeramkan. Burung yang satu ini bisa merasakan kesepian setia pada pasangannya lho. Mereka kawin setiap 2-3 tahun sekali dan menghasilkan 2 telur. Sarang mereka bisa memiliki ukuran luas 1,5 meter dan kedalaman 1,2 meter.

Mereka membangun sarangnya di atas pepohonan tinggi dengan ketinggian antara 16-43 meter dari atas tanah yang dilansir dari Animalia.

Sumber : idntimes.com

Baca juga : Mengenal Ikan Molly si Kecil dari Meksiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.