Jackal, Serigala Baru Dari Afrika

oleh -196 views
Jackal induk anjing yang kita kenal saat ini

ZETIZEN RADAR CIREBON – Serigala dan Anjing merupakan hewan dari keluarga Canidae pemakan daging. Jika sobat zetizen baru hanya mengenal kedua hewan tersebut. Yuk, kenalan sama keluarga jauh mereka yaitu Jackal. (tezz)

Jackal merupakan hewan mamalia omnivora kecil yang berasal dari genus Canis, genus sendiri yang anggotanya juga meliputi serigala dan anjing.

Asal – asal usul Jackal

Menurut para ahli, jackal dan serigala ini sebenarnya adalah cikal bakal lahirnya anjing bisa di katakan induk dari anjing. Mereka bertiga berasal dari keluarga yang sama, yakni Canidea namun beda jenis saja.

Diberi julukan “Serigala Baru Afrika”

Selain disebut sebagai induk dari anjing. Pada abad ke-19 dalam sebuah penelitian, yang menunjukkan jika jackal dikategorikan sebagai spesies baru. Karena itu, dijuluki sebagai ‘Serigala Baru Africa’.

Menurut ilmuwan, hewan ini termasuk kelompok serigala abu-abu. Sebelumnya, di kelompokkan ke dalam sub spesies anjing hutan Mesir dan anjing hutan emas. tetapi, hewan satu ini tidak hanya di temukan di Mesir, lho. Ia bisa juga di temukan di Ethiopia.

Populasi Hewan ini

Hewan ini bisa di temukan pada 3 benua berbeda, yaitu pada daerah Eropa Timur & Tenggara, Afrika Utara, Asia Selatan, Ethiopia sampai ke Burma atau Myanmar.

Mereka berhabitat pada daerah tropis & subtropis yg mendiami wilayah stepa, padang rumput kering, dan wilayah terbuka lainnya.

Makanan Jackal

jackal sendiri merupakan hewan karnivora yang memangsa kelinci, burung, katak, telur, dan serangga.

Kebiasaan hewan satu ini

Sebagian besar jackal termasuk hewan nokturnal yang aktif beraktivitas di malam hari. Walaupun beberapa di antara populasi mereka yang hidup di daerah lain merupakan hewan harian.

Hewan ini ini hidup secara berkelompok namun hanya di isi oleh anggota keluarga, di antaranya betina, jantan, dan anakanaknya. Saat mencari mangsa, mereka berburu bersama pasangannya yang jauh lebih efektif ketimbang sendirian.

Ukuran hewan tersebut

Jackal tumbuh dengan panjang sekitar 85–95 cm (34–37 inci), termasuk ekor 30–35 cm (12–14 inci), dan berat sekitar 7–11 kg (15–24 pon).

Sumber : bobo.grid.id & delphipages.id

Baca juga : Mengenal Ikan Lepu Ayam, Si Cantik yang Mematikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.