, ,

Java Plum, Buah Yang Mirip Anggur Mempunyai Manfaat

oleh -173 views
Java Plum yang sudah matang dan siap dimakan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pertama kali lihat buah yang satu ini mungkin telintas mirip kurma atau anggur kan ? sayangnya buah yang satu ini bukan termasuk dari keduanya. Nama buah tersebut adalah java plum. Buah yang mirip anggur dan menawan satu ini mempunyai khasiat di balik rasanya yang asam. Ingin tahu manfaatnya? Yuk, simak penjelasannyanya. (tezz)

Dengan nama ilmiah Syzygium cumini, buah jamblang merupakan buah yang mirip anggur ini rasanya asam manis karena itu kerap di buru untuk ibu hamil muda. Harganya pun tergolong murah di pasaran dan pengepul di jalan.

Asal Java Plum

Buah yang satu ini berasal dari Asia Selatan. Buah ini dulu di minati di Indonesia, namun buah ini kini semakin langka di pasaran sebab, pohonnya sulit untuk ditemukan dan susah untuk di budidayakan.

Bentuk java plum dan pohonnya

Pohon buah jamblang yang tinggi dengan batang yang berat berasal dari anak benua India, tetapi pohon buah ini juga banyak di temukan di berbagai negara Asia.

Pohon tersebut menghasilkan buah yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau saat masih mentah, tetapi berubah menjadi pink atau hitam keunguan saat matang..

Banyak sebutan

Di Indonesia, java plum dikenal dengan nama jambu luwat, duwet, jiwat, jiwat padi dan buah jamblang. Sedangkan dalam bahasa Inggris, buah ini biasanya disebut Blackberry India.

Manfaat Java Plum

Mengatasi Sembelit

Buah yang satu ini dipercaya dapat mengatasi sembelit sebab mengandung serat. 0,9 Gram serat tersedia di dalam 100 gram buah jamblang. Buah jamblang juga bisa di buat jus.

Mengatasi batuk

Buah juwet bermanfaat untuk mengatasi batuk. Sebab buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab utama batuk.

Menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat

Buah jamblang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Sebab dalam 100 gram buah ini mengandung 1,7 mg zat besi, 16 mg kalsium, 16,7 mg pospor, dan 36 mg magnesium. Makan buah ini juga bisa meredakan radang sendi dan osteoporosis.

Menjaga kesehatan jantung

Buah jamblang jika dicampur madu dapat menyehatkan jantung. Orang China dan India bahkan minum ramuan ini untuk menyehatkan jantung mereka, terlebih bagi lansia.

Mengatasi anemia/kekurangan darah

Bagi  pengidap anemia, buah yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab, buah jamblang mengandung zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan sel darah merah di tubuh. Ibu hamil pun disarankan untuk makan buah jamblang.

Sumber : inews.id & halodoc.com

Baca juga : Cermai, Buah Masam Dan Mungil Banyak Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.