Kedewasaan Itu Pilihan untuk Setiap Orang?

oleh -28 views
kedewasaan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tak mungkin mengajarkan pelajaran aljabar pada anak SD dan tak bisa kita mengajarkan matematematika dasar pada murid SMA. Usia seseorang akan menunjukan kadar dewasanya seseorang. Tapi kedewasaan tak bisa di lihat hanya dari usia saja.

 Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu memahami apa itu definisi dari dewasa.

Definisi Kedewasaan

Menurut Maslow, orang yang dewasa adalah orang yang dapat mengaktualisasikan dirinya yakni dengan mengenali potensi dalam dirinya dan telah menerima dirinya sendiri.

Berbicara mengenai kedewasaan itu adalah hal yang sifatnya tidak konstan dan memerlukan proses. Selama hidup, manusia pasti mengalami permasalahan, seiring adanya masalah itulah adanya proses pendewasaan diri. Dewasa tidak hanya perihal fisik, melainkan dewasa secara emosi dan sosial.

Menurut seorang ahli psikolog perkembangan, Santrock (1999) orang yang tergolong dewasa muda berusia 20-40 tahun. Orang dewasa muda memasuki masa transisi secara fisik, intelektual, dan peran sosial (Dariyo, 2004).

Untuk ciri-cirinya sendiri ada beragam. Secara hukum, seseorang bisa di katakana dewasa bila sudah menginjak usia yang di tetapkan sebuah Negara.

Baca juga: 6 Prinsip Hidup yang Pria Dewasa Harus Miliki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.