Kepiting Raja Alaska, Sang Kepiting Raksasa Penghuni Lautan Alaska Yang Mahal

oleh -293 views
Kepiting Raja Alaska yang besar dan memiliki daging yang gurih

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setahun yang lalu kita di perlihatkan dengan aksi Sisca Kohl yang membuat hidangan mewah dari bahan Kepiting Raja Alaska  menjadi lemper lewat akun Tiktoknya. Nah, sobat sendiri tahukah apa itu Kepiting Raja Alaska? Jika belum tahu, yuk simak penjelasan berikut. (tezz)

Memiliki nama latin Paralithodes camtschaticus, Kepiting ini juga di sebut kepiting, Kamchatka kepiting raja merah atau Alaskan King Crab, yang merupakan spesies kepiting raja yang berasal dari Laut Bering.

Morfologi Kepiting Raja Alaska

Kepiting yang satu ini dapat tumbuh sangat besar dengan karapas (cangkang menutupi punggung mereka) yang memiliki panjang hingga 28 cm. 

Rentang kaki Alaskan King Crab dapat mencapai 150 cm. Kakinya berjumlah lima pasang.

Kepiting ini juga memiliki perut yang khas, yakni berbentuk kipas dan terselip di bawah bagian belakang cangkang. Saking besarnya, bobot satu Alaskan King Crab bisa sampai sembilan kilogram.

Habitat asli hewan satu ini

Sesuai namanya, Alaskan King Crab berasal dari perairan lepas pantai Alaska yaitu di sekitar Alaska dan Laut Bering yang sudah di jelaskan di awal. Alaskan King Crab sendiri memiliki tiga jenis dari warnanya yaitu merah, biru, dan emas.

Namun, dari ketiganya Alaskan King Crab merah yang paling populer. Alaskan King Crab merah dan biru hidup lebih dekat ke daratan Alaska, sementara yang emas berada di sepanjang Kepulauan Aleut di Laut Bering.

Harga yang selangit dan rasanya yang enak

Alasan mengapa Alaskan King Crab di jual dengan harga mahal. Karena, kepiting jenis ini memiliki waktu musim panen yang lebih pendek sehingga membuat ketersediaannya menjadi terbatas.

Musim panen Alaskan King Crab berlangsung sekitar akhir Oktober hingga awal Januari. Namun demikian, musim panen sering menjadi lebih singkat karena faktor cuaca. Harga Alaskan King Crab menjapai 47 US dollar  atau setara Rp 700.000 per satu pon bobotnya.

Disamping harga yang mahal Kepiting Raja Alaska juga memiliki rasa yang pantas.

Daging Alaskan King Crab berwarna putih dengan serat merah. Memiliki rasa yang ringan dan manis, disandingkan mirip rasa daging lobster.  Tidak perlu banyak bumbu untuk menyantap kepiting ini, sebab daging Alaskan King Crab rebus terkenal enak.

Sumber : kompas.com

Baca juga : Clione, Si Peri Lautan Dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.