Kluwek, Bumbu Rawon Yang Memiliki Manfaat

oleh -184 views
Kluwek matang yang sudah disiap digunakan sebagai bumbu masak

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita mengenal Keluak atau kluwek merupakan sejenis rempah yang digunakan sebagai bahan masakan rawon yang memberikan warna hitam pada masakannya. Nah, tahukah sobat jika rempah yang satu ini ternyata memiliki manfaat lho, mau tahu? Yuk, lest check it out! (tezz)

Memiliki nama latin Pangium Edule, kluwek adalah jenis biji tanaman yang berasal dari pohon kluwek asli Indonesia. Pohonnya di kenal sebagai pohon serba guna, karena hampir semua bagian tumbuhan ini bisa di manfaatkan. Mulai dari daun, buah, biji, batang, hingga kulit kayunya.

Sebutan di berbagai daerah Indonesia

Kluwek memiliki banyak nama di setiap daerah Indonesia antara lain:

Pucung, kluwak, di daerah Jawa

Picung atau pucung di daerah Sunda

Pamarrasan di daerah Toraja

Pakem pada daerah Bali dan Kalimantan

Kapencueng, kapecong, atau simaung di daerah Minangkabau

Biji tanaman ini umumnya berwarna coklat gelap hingga kehitaman. Itulah mengapa, kuah rawon atau sop konro sangat khas berwarna cokelat gelap atau kehitaman karena menggunakan picung di dalamnya.

Morfologi Pohon Kluwek

Tinggi pohonnya bisa mencapai 25 meter dengan diameter batang berkisar antara 1 – 2,5 meter dan berakar tunggang dan berbanir. Memiliki batang berwarna putih kecoklatan dengan diameter batang berkisar antara 1 – 2,5 meter.

Berdaun tunggal, berkumpul pada ujung ranting dan bertangkai panjang. Berlekuk tiga dari helaian daun pohon yang masih muda. Pada pohon Kluwak yang tua helaian daun berbentuk bulat seperti telur melebar di pangkal berbentuk jantung, dan ujung daunnya.

Permukaan daun pada bagian atas licin berwarna hijau mengkilap, sedangkan pada permukaan bawahnya berambut coklat dan tersusun rapat dengan tulang daun menonjol.

Manfaat Kluwek

Sebagai obat cacing dan mengobati luka bakar

Selain mendapatkan manfaat dari bijinya, sobat juga bisa meraup manfaat daunnya. Daun segar maupun getah daunnya ternyata bisa di gunakan sebagai obat cacing, penawar keracunan makanan, hingga membersihkan luka bakar.

Kluwek atau pucung memiliki sifat antiseptik dan disinfektan yang ampuh mengobati luka bakar. Pucung juga mengandung tanin, yaitu zat bersifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi cacing kremi yang bersarang di sistem pencernaan Anda.

Mengawetkan Ikan dan Daging

Mungkin manfaat kluwek  ini  lebih familiar bagi para nelayan. Kluwek di nilai lebih efisien dan ekonomis untuk di gunakan sebagai pengawet ikan dan daging, ketimbang menggunakan formalin.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan  sianida dalam kluwek. Asam sianida  dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada daging ikan agar tetap segar dalam waktu yang lama.

Ikan dan daging yang diawetkan dengan kluwek biasanya bisa bertahan hingga enam hari. Proses pembuatannya  sangat sederhana dan tidak memakan banyak waktu.

Meredakan gejala pada penyakit kulit

Menurut  penelitian yang dilakukan oleh Diah Irawati Dwi Arini dari Balai Penelitian Kehutanan Manado, manfaat kluwek dapat digunakan untuk pengobatan komplementer terhadap penyakit kusta dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Memang biji kluwek mengandung dua jenis asam lemak siklik,  asam hidrokarpat dan asam khaulmograt. Kedua asam lemak ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengobati berbagai kondisi kulit. Terutama karena infeksi.

Sumber: hallosehat.com & wikipedia

Baca juga: Ashitaba, Seledri Jepang Yang Kaya Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.