Komprei, Tanaman Berbunga Mungil Kaya Manfaat

oleh -69 views
Tanaman Komprei yang mungil dan berkhasiat

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanaman Komprei yang kita ketahui sebagai obat kumur dan sakit tenggorokan saja, namun sobat zetizen tahu jika tanaman yang satu ini memiliki manfaat lain nya yang belum kita ketahui lho. Mau tahu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. (tezz)

Komprei atau Comfrey adalah tanaman dari  genus tanaman berbunga dalam keluarga borage, Boraginaceae. Tanaman yang satu ini sering di gunakan dalam pengobatan herbal. Bagian yang di gunakan dalam pengobatan antara lain daun, akar, dan batang akar (rimpang).

Meskipun sering di gunakan dalam pengobatan, tanaman ini tidak di anjurkan untuk di telan sebab memiliki racun alkaloid pyrrolizidine (PA) yang dapat merusak hati.

Manfaat Tanaman Komprei

Meringankan nyeri pada punggung

Mengoleskan salep yang mengandung ekstrak komprei dapat meredakan nyeri punggung. Manfaat comfrey masih terasa setelah mengoleskan krim yang mengandung kombinasi comfrey dan methyl nicotinate.

Komprei dapat mengurangi nyeri akibat terkilir

Satu studi menemukan bahwa mengoleskan salep komprei dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang di sebabkan oleh keseleo. Bahkan setelah kurun waktu dua minggu penggunaan, tangan dan kaki yang terkilir  terasa lebih nyaman dan fleksibel.

Sebagai Obat Kumur

Seperti yang sudah tertera di atas, tanaman yang satu ini bisa mengobati luka dalam pada tenggorokan dan meredakan radang serta memberi efek harum pada mulut. Untuk pemakaiannya sebelum tidur atau saat mandi pagi.

Luka Bakar

Kandungan akar dan daun  tanaman komprei adalah senyawa allantoin dan asam rosmarinic. Fungsi  allantoin adalah untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Meskipun asam rosmarinic mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Umumnya, ekstrak dari daun serta akar kompri ini di olah menjadi balsam, krim, atau salep. Dalam kemasan itu, terdapat 5-20% kandungan comfrey. Kandungan lain yang biasa di gunakan adalah lidah buaya.

Sebagai Bahan Sabun

Komperi dikenal sebagai tanaman penghasil harum dan juga sebagai bahan kecantikan. Komprei yang digunakan dalam membuat sabun yaitu bagian akar dan daunnya. Aroma yang dikeluarkan tanaman ini sangat nyaman dan tidak menyengat.

Sumber : hallosehat.com & honestdocs.id

Baca juga : Khasiat Daun Saga Bagi Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.