Maned Wolf, Serigala Berkaki Panjang

oleh -153 views
Maned Wolf serigala bersurai serta memiliki kaki yang panjang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Serigala merupakan mamalia karnivora. Serigala memiliki banyak jenisnya diantaranya Maned Wolf atau Serigala Bersurai. (tezz)

Maned Wolf merupakan serigala yang menyerupai anjing besar dengan bulu berwarna kemerahan. Status serigala ini terancam punah meskipun IUCN memasukkannya ke dalam daftar berisiko rendah.

Memiliki Genus Berbeda dan sebenarnya bukan Serigala

Serigala, Anjing, dan Jackal termasuk dari Genus canis namun berbeda Maned Wolf. Hewan ini sendiri memiliki genusnya sendiri yaitu chrysocyon. Meskipun mamalia yang satu ini sendiri memang berada dalam keluarga biologi yang sama dengan serigala, rubah, anjing, dan mamalia menyerupai anjing lainnya yaitu canidae.

Tetapi Maned wolf memiliki anatomi unik yang membuat mereka berbeda. Jadi, secara teknis mereka bukan serigala atau rubah.

Habitat dan Asal Maned Wolf

Penyebaran serigala ini dapat di jumpai di beberapa negara di Amerika Selatan seperti Brasil, Paraguay, Peru dan Bolivia. Sedangkan habitat hidupnya adalah pada hutan terbuka, sabana dan tanah rawa.

Makanan Hewan satu ini

Serigala bersurai termasuk serigala omnivora, ia biasanya memakan mamalia kecil, serangga, reptil, burung, telur burung, buah-buahan, dan tumbuh-tumbuhan.

Ada juga Maned wolf sering memakan buah lokal bernama ‘lobeira’ atau wolf apple (disebut demikian karena seringnya hewan ini memakan buah tersebut.

Buah ini dipercaya dapat melindungi mereka dari cacing parasit. Biji buah lobeira juga di yakini dapat bertunas lebih baik bila telah melewati pencernaan nya.

Baca juga: Seperti Komodo, Berikut Hewan yang Hanya Ada di Satu Negara Part I

Maned Wolf Memiliki Kaki yang Panjang

Maned wolf bisa tumbuh mencapai 1 – 1,3 meter dan berbobot antara 20-25 kilogram. Kemudian salah satu ciri paling menarik dari hewan ini adalah kaki panjang mereka.Kaki mereka terbilang hampir tidak proporsional dengan tubuhnya.

Dari Smithsonian’s National Zoo menyebutkan bahwa ini merupakan bentuk evolusi dari habitat asli mereka di padang rumput. Kaki panjang membantu mereka berjalan lebih mudah di antara rerumputan.

Dan jika di lihat seperti monster yang ada di dalam game horror ya gais..

Keunikan Hewan ini

Serigala bersurai memiliki kebiasaan unik ketika memburu mangsanya. Mereka memutar telinga mereka yang besar untuk mendengarkan hewan yang akan dimangsanya di rerumputan.

kemudian surai di leher mereka akan mengembangkan untuk membuat tubuh mereka terlihat lebih besar dan sangar jika bertemu dengan musuh atau merasa terancam.

Mereka memanfaatkan tanah dan kaki depan untuk mengejar mangsa dan menerkamnya.

Sumber: wikipedia & idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.