Melihat Masa Lalu Melalui Cahaya Bintang

oleh -30 views
bintang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memang indah melihat pemnadangan langit di malam hari, kumpulan bintang membentuk berbagai macam rasi. Apalagi kondisi langit cerah dan tidak terlalu terpolusi cahaya kota, benda-benda langit terlihat lebih terang dan indah.

Tapi, benda langit yang kita lihat malam ini misalnya, adalah benda langit dari masa lampau. Bahkan ada kemungkinan besar, bintang-bintang yang sedang berkedap-kedip itu sudah tidak ada pada saat kita memandanginya. Kok bisa?

Proses melihat membutuhkan tiga komponen wajib. Mata, Obyek dan Cahaya. Apapun yang kita lihat, sebenarnya adalah pantulan cahaya dari obyek yang kita lihat. Begitu pantulan cahaya itu masuk ke mata kita, saat itulah kita melihat obyek tersebut.

Kecepatan cahaya adalah 299.792.458 meter per detik, atau 299.792 kilometer perdetik. Untuk lebih mudah menggambarkannya, dalam 1 detik, cahaya dapat mengelilingi bumi sebanyak 7,5 kali!

Sekarang kita hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah obyek yang berjarak 5 km memantulkan cahayanya ke mata kita. Sederhana, 5km dibagi dengan 299.792 km = 0,0000167 detik!

Baca juga: Rasi Bintang ‘Jelmaan’ Makhluk Mitologi Yunani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.