Penyu Belimbing, Si Reptil Laut Penjelajah Dunia

oleh -201 views
Penyu Belimbing yang mampu menempuh jarak jauh

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penyu merupakan reptil laut dari kelas Sauropsida yang sudah ada sejak zaman Jura dan sudah masuk kedalam hewan yang dilindungi termasuk Penyu Belimbing. (tezz)

Mengenal Penyu yang satu ini

Penyu Belimbing atau  Leatherback sea turtle merupakan Penyu berukuran raksasa dan satu-satunya Dermochelyidae yang masih ada hingga sekarang. Hewan ini merupakan reptil terbesar ke-4 di dunia setelah Buaya. Di wilayah yang terdapat migrasi hewan tersebut,  mereka menyebutnya Penyu Raksasa, Kantong, dan Mabo.

Bentuk Hewan satu ini

Dengan nama latin Dermochelys coriacea, penyu ini memiliki karapas berwarna gelap dengan bintik putih. Ukuran penyu belimbing dapat mencapai 180 cm dan berat mencapai 500 – 700 kg. Bentuk kepala dari hewan ini kecil, bulat dan tanpa adanya sisik-sisik seperti halnya penyu yang lain. Mempunyai paruh yang lemah, tetapi berbentuk tajam, tidak punya permukaan penghancur atau pelumat makanan.

Penyu ini bergerak sangat lambat di daratan kering, tetapi ketika berenang merupakan reptil tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 35 km \ jam. Hewan ini adalah satu-satunya jenis penyu yang tidak memiliki cangkang/ tempurung/ karapas yang keras. Karapasnya berbentuk juring-juring sperti buah belimbing.

Habitat Penyu Belimbing

Penyu belimbing dapat di temukan dari perairan tropis hingga ke lautan kawasan sub kutub dan biasa bertelur di pantai-pantai di kawasan tropis seperti Papua New Guinea, Kepulauan Solomon dan salah satunya di Indonesia.

Di Indonesia banyak di jumpai di daerah kepala burung Papua, pantai Jamursbamedi. Pernah di temukan bertelur di pantai selatan kabupaten Klungkung, Bali. Di temukan juga bertelur di pesisir selatan pulau Jawa, pantai di Kab. Pacitan Jawa Timur.

Makanan Penyu Belimbing

Makanan Penyu satu ini biasanya rumpur laut, ikan kecil, udang dan makanan utama hewan ini adalah ubur-ubur.

Merupakan Hewan Penjelajah Dunia

Penyu belimbing adalah penyu yang paling umum. Ia juga memiliki jarak terjauh karena kaya akan sistem pendingin tubuh dan  minyak dalam tubuh serta dapat menjaga suhu tubuh  lebih tinggi dari air laut di sekitarnya. Oleh karena itu,  dapat menahan daerah dengan suhu air rendah. Kura-kura ini ditemukan di utara Newfoundland, Kanada dan jauh di selatan Amerika Selatan. Mereka umumnya dianggap ikan pelagis, tetapi mereka juga  ditemukan di perairan  pantai.

Sumber : yayasanpenyu.org

Baca juga : Kuntul, Burung Penghuni Lahan Basah dan Juga Pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.