Psikosomatis! Merasa Sakit tapi Tidak Sakit?

oleh -46 views
psikosomatis

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu tahu psikosomatis? Mungkin ada dari kita yang mengeluh sakit kepala, atau mual, dan sakit lainnya. Namun saat di periksa oleh dokter hasilnya nihil, secara fisik kita benar benar sehat. Itu lah gangguan psikosomatik.

Apa itu psikosomatis (psikosomatik)?

Psikosomatis berasal dari kata “psyche” yang berarti fisik dan “soma” yang berarti tubuh. Psikosomatis atau psikosomatik adalah istilah yang mengacu pada keluhan gejala fisik yang muncul akibat pikiran dan emosi yang dirasakan seseorang.

Sayangnya, beberapa orang masih menganggap bahwa gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini adalah khayalan alias tidak benar-benar terjadi. Alasannya, karena gejala yang dikeluhkan tidak menunjukkan adanya kelainan fisik setelah pemeriksaan dilakukan.

Hal ini menyebabkan penderitanya tidak segera memeriksakan diri ke dokter dan terlambat mendapatkan pengobatan. Padahal kenyatannya, gejala fisik yang dirasakan memang nyata dan memerlukan pengobatan seperti halnya penyakit lain.

Di lansir dari situs hellosehat, gangguan psikosomatis bisa berasal atau diperburuk oleh stres dan rasa cemas. Sebagai contoh, penderita depresi dapat merasakan gejala psikosomatik.

Baca juga: Istilah Psikologi untuk Perasaan yang Sulit Dijelaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.