Pygmy Marmoset, Si Monyet Kerdil nan Lucu

oleh -269 views
Pygmy Marmoset yang lucu dan gemesh berukuran

ZETIZEN RADAR CIREBON – Monyet, salah satu primata yang sering kita lihat, kebanyakan memiliki ukuran tubuh yang besar namun,  ada juga monyet  yang berukuran kecil seperti Pygmy Marmoset yang satu ini. (tezz)

Pygmy Marmoset merupakan salah satu mamalia terkecil yang ada di dunia. Monyet yang satu ini endemik dari hutan hujan bagian barat Amazon di Amerika Selatan. Spesies ini dikenal sebagai spesies monyet terkecil dan salah satu primata terkecil di dunia dan lebih kecil dari lemur tikus Madame Berthe.

Ekologi Pygmy Marmoset

Memiliki nama latin Cebuella pygmaea, Monyet yang satu ini hidup di hutan hijau abadi, hutan yang menghijau sepanjang tahun juga hutan-hutan tepi sungai. Hewan yang satu ini juga dapat ditemui di sepanjang area hutan Amazon yang meliputi Brazil, Peru, Ecuador, Colombia, dan bagian utara Bolivia.

Pygmy marmoset secara Morfologi

Memiliki [anjang tubuh (tanpa ekor) antara 117–152 mm (4,6–6,0 in) dan panjang ekor 172–229 mm (6,8–9,0 in). Berat tubuh dewasa 100 gram (3,5 oz) dengan betina sedikit lebih besar. Warna tubuhnya kuning kecoklatan dengan sedikit abu-abu kehitaman di kepalanya.

Baca juga: Hewan dengan Pendengaran Terbaik di Dunia

Keunikan Pygmy Marmoset

Lehernya dapat berputar 180 derajat untuk melihat adanya predator. Ia juga mempunyai cakar tajam untuk membantunya mencengkram dahan pohon serta membuatnya dapat berlari ke atas dan ke bawah pohon dengan cepat.  Marmoset ini dapat melompat hingga 5 m dari pohon ke pohon yang lain yang berguna jika ada predator yang mendekat.

Memiliki 2 jenis

Hewan yang satu ini memiliki 2 jenis yaitu Marmoset kecil utara (Cebuella pygmaea pygmaea) dan Marmoset kecil timur (Cebuella pygmaea niveiventris).

Makanan Hewan yang satu ini

Marmoset kerdil memakan getah (gumnivor) dengan cara melubangi pohon untuk mengambil getah di dalamnya dengan gigi yang tajam. Selain getah, hewan yang aktif di siang hari ini juga menyukai buah, nektar bunga, serangga, dan hewan kecil lainnya.

Hidup berkelompok

Monyet yang satu ini hidup dalam satu kelompok yang terdiri hingga sembilan ekor yang berguna karena, semakin banyak yang mengawasi adanya predator dan melindungi bayi Pygmy Marmoset.

Mereka akan saling berkomunikasi satu sama lain dengan mengeluarkan suara bernada tinggi terutama jika ada ancaman.

Berkembang biak

Hewan yang satu ini  bisa melahirkan setiap lima sampai tujuh bulan dengan masa kehamilan sekitar 4,5 bulan. Karena ukurannya sudah mini, bayi yang baru lahir biasanya berukuran ibu jari manusia. ihh gumush pastinya.

Sumber: wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.